Nadya Ulfa, Jihan and Ilsya, Hayadi and Syaiful, Anwar (2022) PENGARUH E-SERVICESCAPE TERHADAP TRUST DAN DAMPAKNYA PADA REPURCHASE INTENTION : STUDI KASUS E-COMMERCE LAZADA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Pada saat ini e-commerce berkembang sangat pesat, dan halaman internet terkait, yang
disebut sebagai layanan elektronik atau e-servicescapes sekarang memiliki kehadiran yang
signifikan di dunia bisnis. Namun demikian, pemahaman tentang e-servicescape masih
sedikit, karena terbatasnya bukti empiris yang diperoleh dan diteliti. Oleh karena itu,
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-servicescape terhadap trust dan
dampaknya terhadap repurchase intention. Peneliti memilih online marketplace Lazada
sebagai objek penelitian karena melihat jumlah kunjungan setiap bulannya di website Lazada
yang lebih tinggi dibandingkan marketplace lainnya, dapat diasumsikan bahwa Lazada
memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei kuantitatif. Data dalam
penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online kepada responden yang
pernah bertransaksi menggunakan website Lazada. Total jawaban responden yang terkumpul
berjumlah 201 responden. Karakteristik responden dalam penelitian ini diamati melalui 4
pertanyaan yaitu mengenai jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan jumlah
pembelian di aplikasi Lazada dalam 2 bulan terakhir.
Hasil jawaban responden kemudian ditabulasi dan dianalisis menggunakan teknik pengujian
data PLS SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website e-servicescape online
marketplace berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust dan selanjutnya trust pada
website online marketplace berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase Intention.
Dapat disimpulkan bahwa e-servicescape sangat berpengaruh dalam menarik perhatian
konsumen untuk bertransaksi di website Lazada yaitu dari tampilan, kualitas layanan, dan
kemudahan transaksi yang disajikan di website Lazada sehingga konsumen percaya untuk
melakukan pembelian kembali. website Lazada.pengembang website marketplace online
serta untuk penelitian lebih lanjut di bidang yang sama.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 02:19 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 02:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17663 |