PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C PADA PKBM PELITA BANGSA DI KOTA BENGKULU

Oktiana, Selpia and Rufran, Zulkarnain and Ririn, Gusti (2022) PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C PADA PKBM PELITA BANGSA DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SELPIA OKTIANA A1J018001.pdf] Text
SKRIPSI SELPIA OKTIANA A1J018001.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Penggunaan Learning
Management System (LMS) Dengan Aplikasi Google Classroom Dalam
Pembelajaran Program Paket C Pada PKBM Pelita Bangsa Di Kota
Bengkulu, subjek dalam penelitian ini sebanyak empat orang. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data meliputi reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa
Pertama, perencanaan pembelajaran online seperti : Berdiskusi antara ketua,
tutor, dan operator PKBM Pelita Bangsa, maka diambilah tahapan untuk
melaksanakan pembelajaran online menggunakan google classroom,
Melakukan pendekatan dengan warga belajar untuk melaksanakan
pembelajaran online menggunakan google clasroom dengan memberikan
penjelasan materi yang akan disampaikan, serta memberikan motivasi kepada
warga belajar, Bahan ajar yang diberikan, dan Penyusunan Silabus dan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua, Tahapan penggunaan
pembelajaran online yaitu aplikasi google classroom cara pengunaanya
pertama login terlebih dahulu melalui akun gmail. kemudian, klik ikon menu
aplikasi google yang ada disebelah kiri foto profil. pilih tanda + yang ada di
atas sudut kanan dan pilih gabung kelas, masukan kode kelas yang telah
diberikan tutor dan klik gabung dan dimulai dari penjelasan tutor tentang
materi yang akan diajarkan, diskusi ataupun penugasan. Ketiga, Proses
evaluasi yang diterapkan pada PKBM Pelita Bangsa yaitu dengan
menggunakan evaluasi keaktifan warga belajar, hasil tugas maupun ujian.
Agar mendapatkan perubahan dari hasil sebelumnya dan sesudah dilakukan
evaluasi terhadap warga belajar dalam pelaksanaan pembelajaran. dan
Keempat, faktor pendukung tercapainya pembelajaran online dengan google
classroom dengan baik, warga belajar memilki Hp/Laptop dan kouta. Faktor
penghambat yaitu faktor yang menjadi penghambat pada terlaksananya
pembelajaran dengan google classroom tidak semua warga belajar bisa
mengakses dengan lancar dikarenakan jaringan yang kurang baik untuk
mengakses google classroom.
Kata Kunci: Penggunaan, Learning Management System, Program Paket C

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:32
Last Modified: 26 Feb 2024 08:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17711

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200