ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DAERAH KOTA BENGKULU (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu)

Ibrahim, Kemal and Purmini, Purmini and Bambang, Agoes Hermanto (2022) ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DAERAH KOTA BENGKULU (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
Skripsi Kemal Ibrahim Lengkap.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (564kB)

Abstract

Aspek pelayanan dalam suatu organisasi publik memegang peranan yang sangat
penting dalam menentukan performa dan kredibilitas suatu institusi. Pelayanan publik
(public services) oleh birokrasi publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi
aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat di samping sebagai abdi negara.
Pelayanan publik (public services) oleh birokrasi publik dimaksudkan untuk
mensejahterakan masyarakat selaku komponen warga negara dari suatu negara
berorieantasi pada suatu kesejahteraan (welfare state).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja pelayanan adminsitrasi
kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil
sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data.
Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner dan
wawancara. Responden penelitian berjumlah 100 orang. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis deskriptif dengan menghitung frekuensi, nilai rata-rata dan
persentase.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa rata-rata jawaban responden
(masyarakat) puas dengan pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan oleh
pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Hal tersebut
dibuktikan dengan nilai rata-rata jawaban sebesar 3,72 (berada pada skala interval baik
(3,40 – 4,19)).

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:02
Last Modified: 29 Feb 2024 03:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17748

Actions (login required)

View Item
View Item