WUNINILAM, WUNINILAM and Sri, Handayani Hanum and Heni, Nopianti (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU MATEMATIKA KELAS XII IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al-Kariim Bengkulu Tengah). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI WUNINILAM.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran guru matematika
kelas XII IPA pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Kariim
Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif
dengan menggunakan teori tindakan sosial Max Weber sebagai alat analisis. Proses
pengumpulan data menggunakan observasi yang peneliti lakukan dengan
mengamati lingkungan sekolah dan pada saat guru matematika sedang mengajar,
wawancara dilakukan secara terbuka dengan mengajukan pertanyaan, dan
dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling
berdasarkan kriteria informan yaitu orang yang mengetahui dan memiliki informasi
mengenai strategi pembelajaran guru matematika kelas XII IPA pada masa pandemi
covid-19 yaitu terdiri dari 1 orang informan utama dan 3 orang informan tambahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang di terapkan guru
matematika pada masa pandemi COVID-19 yaitu : (1) Strategi melalui
penyampaian isi pembelajaran yaitu siasat guru untuk memilih, menetapkan,
menerapkan media pembelajaran, interaksi pembelajan dengan media dan struktur
belajar dalam penyampaian isi kepada siswa. (2) Strategi melalui kuis
pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa di
dalam kelas sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru. (3) Strategi
melalui rangkuman merupakan suatu kegiatan melengkapi materi yang bertujuan
untuk membantu daya ingat siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh
guru. (4) Strategi melalui kegiatan belajar mandiri merupakan Perilaku siswa
dalam mewujudkan keinginannya secara nyata dengan tidak bergantung pada orang
lain dan mampu untuk melakukan aktivitas belajar secara mandiri.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17754 |