ANALISIS PENGARUH HARGA, DIFERENSIASI PRODUK, WOM DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN XIAOMI DI KOTA BENGKULU

Prasetia Avalio, Biva and Afrima, Widanti and Sularsih, Anggarawati (2022) ANALISIS PENGARUH HARGA, DIFERENSIASI PRODUK, WOM DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN XIAOMI DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI BIVA PRASETIA AVALIO (C1B018160)_compressed (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia
industri komunikasi. Seperti misalnya smartphone, yang saat ini meningkatnya
kebutuhan akan smartphone di kalangan masyarakat khususnya di Indonesia.
Menurut hasil survei yang telah saya lakukan pada bulan Februari tahun 2022 di
lima counter besar di Kota Bengkulu, menunjukkan bahwa terjadinya fenomena
naik dan turun penjualan smartphone Xiaomi. Menurut hasil dari wawancara
terhadap 10 konsumen pengguna Xiaomi, menunjukkan bahwa harga,diferensiasi
produk dan citra merek dinilai kurang baik oleh konsumen. Fenomena inilah yang
membuat smartphone Xiaomi menarik untuk diteliti meskipun harga, diferensiasi
produk dan citra merek yang dinilai kurang baik, namun penjualannya tetap
mengalami kenaikan yang artinya Xiaomi masih banyak diminati. Peneliti ingin
mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan smartphone Xiaomi
masih banyak diminati oleh konsumen. Ketika orang lain ingin membeli
smartphone, terdapat adanya keputusan pembelian. Menurut Kotler & Amstrong
(2016), keputusan pembelian adalah tahap dalam pengambilan keputusan pembeli
dimana konsumen benar-benar membeli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
model empiris dari keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh variabel harga,
diferensiasi produk, word of mouth dan citra merek terhadap individu konsumen
smartphone Xiaomi dikota bengkulu.
Menurut Tjiptono (2015) keputusan pembelian merupakan sebuah proses
dimana konsumen mengenal masalahnya, mencari informasi mengenai produk
atau merek tertentu. Dalam teori theory of planned behavior (TPB), Ajzen (1991)
menjelaskan bahwa perilaku konsumen, dalam hal ini keputusan pembelian,
dipengaruhi oleh niat pembelian. Lebih lanjut, Ajzen (1991) menjelaskan bahwa
niat pembelian seseorang dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif dan persepsi
pengendalian perilaku. Menurut Kotler & Keller (2016) perilaku konsumen adalah
studi bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli,
menggunakan dan menempatkan barang, jasa, ide atau pengalaman untuk
memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka. Definisi perilaku konsumen
menurut Schiffman & Wisenblit (2015) adalah studi tentang tindakan konsumen
dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang produk
dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku
konsumen menggambarkan individu yang mengambil keputusan untuk
memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu, uang dan usaha) guna
membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi. dapat disimpulkan
bahwa perilaku konsumen erat kaitanya dengan keputusan pembelian. Dimana perilaku konsumen merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh konsumen
untuk mendorong tindakan dari saat sebelum membeli sampai mengevaluasi
produk atau jasa yang telah dikonsumsi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan
data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online. Jumlah sampel yang
didapatkan adalah 190 responden yaitu konsumen yang membeli dan
menggunakan produk smartphone Xiaomi. Kemudian data yang diperoleh
tersebut dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dengan
bantuan program SPSS 21.0 for window.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) diferensiasi produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) word of mouth
berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) citra
merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil simultan membuktikan bahwa harga, diferensiasi produk, word
of mouth, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian.
Berdasarkan kesimpulan pada penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1)
harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2)
diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian, (3) word of mouth berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap
keputusan pembelian, ( 4) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Berdasarkan hasil simultan membuktikan bahwa harga,
diferensiasi produk, word of mouth, dan citra merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran praktis dalam penelitian
ini bagi perusahaan smartphone Xiaomi dapat memperhatikan variabel-variabel
yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:03
Last Modified: 03 Apr 2024 04:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17810

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200