Herlina, Nia and Chairil, Afandy and Ridwan, Nurazi (2022) PERAN PROFITABILITAS MEMEDIASI PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN AKTIVITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN FINANCIAL TECHNOLOGY SEBAGAI PEMODERASI (STUDI KASUS PADA PERBANKAN YANG LISTING DI BEI TAHUN 2016-2021). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI-NIA HERLINA.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan perusahaan didirikan yaitu untuk meningkatkan nilai perusahaan.
Adapun faktor-faktor penentu dari nilai perusahaan adalah: 1. Likuiditas: semakin
likuid suatu perusahaan, semakin tinggi kepercayaan kreditur dalam memberikan
dananya, sehingga akan dapat meningkatkan nilai perusahaan 2. Leverage:
semakin rendah tingkat leverage, berarti kemampuan perusahaan membayar
hutang juga semakin tinggi 3. Aktivitas: semakin tinggi rasio aktivitas maka
semakin efisien perusahaan dalam meningkatkan penjualan sehingga akan
meningkatkan nilai perusahaan 4. Profitabilitas: dalam penelitian ini profitabilitas
menjadi variabel mediasi, karena untuk dapat mencapai nilai perusahaan baik
likuiditas, leverage dan aktivitas akan terlebih dahulu meningkatkan profitabilitas
sehingga akan meningkatkan nilai perusahaan.
Masih terdapat perbedaan penelitian, seperti hasil penelitian mengenai
pengaruh likuiditas terhadap profitabilitas, Chabacib et al., (2020), Novita dan
Sofie (2015) dan Mahardika dan Marbun (2016) menemukan bahwa likuiditas
berpengaruh terhadap profitabilitas sedangkan sebaliknya Saputro (2019) dan
Wibowo dan Wartini (2012) menemukan likuiditas tidak berpengaruh terhadap
profitabilitas. Penelitian ini juga akan melihat peran financial technology sebagai
variabel pemoderasi, Ky et al., (2019), berpendapat bahwa keberhasilan produk
fintech dapat meningkatkan profitabilitas dan efisiensi perbankan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah signaling theory, trade
of theory, pendekatan MM tanpa pajak dan pendekatan MM dengan pajak. Nilai
perusahaan adalah nilai wajar perusahaan yang menggambarkan persepsi investor
terhadap emiten yang bersangkutan yang diproksikan dengan PBV. Faktor-faktor
yang mempengaruhi nilai perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
likuiditas, leverage, aktivitas dan profitabilitas.
Likuiditas adalah rasio yang memberikan informasi tentang kemampuan
perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendeknya yang diproksikan
dengan current ratio. Leverage adalah suatu ukuran yang menunjukkan sejauh
mana penggunaan hutang digunakan dalam struktur modal perusahaan yang diproksikan dengan debt to equity ratio. Aktivitas adalah rasio yang mengukur
efektivitas sebuat perusahaan mengatur asetnya yang diproksikan dengan total
asset turn over. Profitabilitas adalah rasio yang mengukur efektivitas manajemen
secara keseluruhan yang ditunjukkan oleh besar kecilnya tingkat keuntungan yang
diperoleh dalam hubungannya dengan penjualan yang diproksikan dengan return
on equity. Financial technology adalah industri yang terdiri dari organisasi yang
menggunakan keuangan untuk mendukung layanan keuangan yang diproksikan
dengan p2p lending.
Jenis dan desain penelitian ini adalah eksplanatori kuantitatif dan asosiatif
kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan yang terdaftar di BEI
tahun 2016-2021 dengan sampel sebanyak 24 perbankan. Pengumpulan data
bersifat dokumentasi. Alat bantu yang digunakan yantu program EVIEWS 12.
Adapun pemilihan model regresi data panel dilakukan dengan 3 uji yaitu uji
chow, uji hausman dan uji LM. Uji asumsi klasik terdiri dari 3 yaitu normalitas,
heteroskedastisitas dan multikolinearitas. Serta dilakukan uji regresi berganda
dengan 3 tahapan serta uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menemukan bahwa likuiditas dan leverage
berpengaruh terhadap profitabilitas sedangkan aktivitas tidak berpengaruh
terhadap profitabilitas. Likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai
perusahaan sedangkan leverage dan aktivitas tidak berpengaruh terhadap nilai
perusahaan. Profitabilitas mampu memediasi pengaruh likuiditas dan leverage
terhadap nilai perusahaan tetapi tidak mampu memediasi pengaruh aktivitas
terhadap nilai perusahaan. Financial technology tidak mampu memoderasi
pengaruh antara likuiditas dan leverage terhadap profitabilitas tetapi profitabilitas
mampu memoderasi pengaruh antara aktivitas terhadap profitabilitas.
Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah diharapkan agar
perusahaan perbankan lebih efektif, efisien serta ekonomis dalam menjalankan
aktivitasnya dan lebih memperhatikan terhadap faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi nilai perusahaan terkhususnya bagi perbankan yang memiliki nilai
likuiditas rendah agar dapat meningkatkan aktiva lancar dengan tetap
mempertahankan utang lancar. Perbankan dengan tingkat leverage tinggi agar
dapat memaksimalkan penggunaan utang. Perbankan yang memiliki nilai aktivitas
rendah diharapkan agar lebih efektif dalam menggunakan aset untuk
menghasilkan penjualan dan diharapkan kepada perbankan untuk melakukan
kolaborasi dengan perusahaan fintech agar dapat meningkatkan profitabilitas dari
adanya kerjasama tersebut.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 01:17 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 01:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17821 |