ANALISISsSUPPLYsCHAIN MANAGEMENT DENGAN PENGUKURAN BULLWHIPsEFFECT PRODUK PADA UD. TIGA SAUDARA MANDIRI DI ARGAMAKMUR DAN TOKO ENDANG DI KETAHUN

Pratiwi, Bela and Willy, Abdillah and Samsul, Bahri (2021) ANALISISsSUPPLYsCHAIN MANAGEMENT DENGAN PENGUKURAN BULLWHIPsEFFECT PRODUK PADA UD. TIGA SAUDARA MANDIRI DI ARGAMAKMUR DAN TOKO ENDANG DI KETAHUN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pada perkembangan dunia bisnis saat ini, yang terus berubah seriring dengan
perkembangan zaman, waktu dan persaingan menjadi sensitif serta merupakan hal
penting dan tidak boleh diabaikan oleh setiap perusahaan. Untuk bisa bertahan di
tengah persaingan yang semakin ketat pada saat sekarang ini hal utama yang perlu
diperhatikan oleh perusahaan adalah bagaimana agar bisa memenuhi permintaan
konsumen. Supply Chain Management adalah metode atau pendekatan terintegrasi
yang melibatkan semua pihak yang terlibat di perusahaan termasuk logistik (Malika
A dan Amalia R, 2019-2020). Sistem logistik dalam industri ritel merupakan faktor
penting. Karena keterlambatan sebuah pengiriman suatu produk dapat disebabkan
karena keselahan dalam sistem logistik yang ada didalam perusahaan. sistem logistik
adalah kegiatan pendistribusian dan pengelolaan barang yang akan dijual
kekonsumen. Kesalahan pada aliran informasi dan koordinasi tersebut seringkali
menimbulkan kesenjangan informasi yang salah satunya adalah bullwhip effect
terjadinya jumlah permintaan yang semakin besar pada upstream channel
dibandingkan downstream channel.
Bullwhip effect merupakan istilah yang digunakan dalam dunia inventory yang
mendefinisikan bagaimana pergerakan demand dalam supply chain. Bullwhip effect
adalah peningkatan variabilitas permintaan yang terjadi pada level-level jaringan
supply chain yang akibatnya karena adanya suatu distorsi informasi, permintaan pasar
yang sifatnya kompleks dan dinamis mengakibatkan variabilitas cenderung
meningkat dari arah hilir ke hulu (dari customer ke supplier) (Susilo, 2008).
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bullwhip effect, dan mengidentifikasi
penyebab terjadinya bullwhip effect dengan memggunakan diagram fishbone, serta
solusi untuk mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
deskriptif. Pada penelitian ini, peneliti menjelaskan secara deskriptif hasil pengolahan
data dari produk roma Kelapa 300 gr, beng-beng 20 gr, dan roma sari gandum coklat
115 gr pada UD. Tiga Saudara Mandiri dan Toko Endang. Penjelasan secara
deskriptif tersebut menerangkan hasil pengukuran bullwhip effect, faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya bullwhip effect dengan diagram fishbone dan solusi untuk memperbaikinya. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara
secara langsung kepada pimpinan UD. Tiga Saudara Mandiri yaitu Bapak Ramdanus.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa terjadi bullwhip effect pada produk di
UD Tiga Saudara Mandiri maupun Toko Endang. Pada UD Tiga Saudara Mandiri
untuk ketiga produk tersebut yaitu roma kelapa 300 gr, beng-beng 20 gr dan sari
gandum 115 gr terjadi bullwhip effect pada bulan 1, bulan 2, dan bulan 3, sedangkan
untuk produk Beng-beng bullwhip effect terjadi pada bulan 2 dan bulan 3, dan untuk
produk Sari Gandum coklat bullwhip effect terjadi sama seperti pada produk beng
beng yaitu di bulan 2 dan bulan 3. Maka, berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan
di UD Tiga Saudara Mandiri bullwhip effect cenderung terjadi pada bulan 2 dan bulan
3. Pada Toko Endang untuk ke tiga produk yaitu roma kelapa 300 gr, beng-beng 20
gr, dan sari gandum coklat 115 gr, telah terjadi bullwhip effect. Namun setelah
dilakukan perhitungan per bulan, ternyata untuk produk roma kelapa 300 gr terjadi
bullwhip effect di bulan 2 dan bulan 3, sedangkan untuk produk beng-beng 20 gr
bullwhip effect terjadi di bulan 1, bulan 2, dan bulan 3, untuk produk sari gandum
coklat bullwhip effect terjadi sama seperti di produk roma kelapa yaitu bulan 1, bulan
2, dan bulan 3. Penyebab terjadinya bullwhip effect dikarenakan kesalahan dalam
peramalan permintaan dalam pengadaan barang/produk, order batching, dan lead
time. Cara yang mungkin efektif untuk mengurangi bullwhip effect adalah dengan
keterbukaan dalam berbagi informasi agar terjadi kesesuaian informasi permintaan
untuk kedepanya dalam pengadaan barang sehingga tidak terjadinya order yang lebih
tinggi dari penjualan atau bahkan kekurangan stok.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:22
Last Modified: 29 Apr 2024 02:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200