Shampuaga, Erik and Sularsih, Anggarawati and Seprianti, Eka Putri (2020) PENGARUH BRAND PERSONALITY, BRAND IDENTIFICATION, DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Di Indonesia transportasi dirancang untuk mendukung gerak perekonomian
dan stabilitas nasional. Selain itu mayoritas masyarakat di Indonesia
mengandalkan alat transportasi untuk menunjang kegiatan sehari-hari mereka.
Salah satu transportasi yang saat ini banyak digunakan yaitu kendaraan sepeda
motor. Hal ini menimbulkan banyaknya persaingan antar perusahan kendaraan
sepeda motor, maka dari itu untuk membangun keunggulan kompetitif yang
berkelanjutan, perusahaan memfokuskan kesetiaan merek sebagai salah satu
perencanaan strategis dalam upaya pemasaran (Kotler, 2004). Dalam hal ini brand
Loyalty yang kurang baik banyak yang mempengaruhi hal-hal yang menjurus
pada loyalitas konsumen pengguna motor honda di kota bengkulu. Hal tersebut
yang dapat mempengaruhi brand loyalty astra honda motor bengkulu adalah
brand personality ,brand identification dan brand experience, hasil dari penelitian
tersebut sangat penting untuk diperhatikan lebih lanjut lagi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand personality,
brand identification, dan brand experience terhadap brand loyalty konsumen
sepeda motor honda di kota Bengkulu. populasi dan Sampel dalam penelitian ini
adalah konsumen pengguna sepeda motor honda berusia 17 tahun ke atas dan
berdomisili di kota bengkulu dengan jumlah 180 responden yang dikumpulkan
dengan metode explanatory research. Jumlah sampel ditentukan dengan kriteria
yang telah ditentukan oleh (Hair et al., 2010) yang menyatakan bahwa jumlah
sampel yang diambil minimal 5 kali dan maksimum 10 kali dari jumlah indikator
yang digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan survei dan kuesioner. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.Pengelolaan
data dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 16.0.
Pengujian analisis regresi linear berganda menggunakan dua variabel laten, yaitu
variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable).
Dalam penelitian ini ada 3 hipotesis yang di uji, pertama menguji pengaruh Brand
Personality terhadap brand loyalty, dan kedua menguji pengaruh Brand
Identification terhadap brand loyalty, dan Brand Experience terhadap brand
loyalty.
Hasil penelitianmenunjukan bahwa: (1) Brand Personality berpengaruh
positif terhadap brand loyalty. Hal ini berarti, jika brand personality meningkat,
maka brand loyalty akan meningkat. 2) Brand Identification berpengaruh positif
terhadap brand loyalty. Hal ini berarti, jika Brand Identification meningkat maka
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:36 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17910 |