Widiahrini, Estri and Fachri, Eka Saputra (2020) PENGARUH OPINION LEADERSHIP, TRAVEL EXPERIENCE, REFLECTED APPRAISAL OF SELF, DAN SELF IMAGE CONGRUITY, TERHADAP PROPENSITY TO SHARE (eWOM) PADA DESTINASI WISATA POPULER DI INDONESIA (Studi pada Wisatawan Muda di Indonesia). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png) Archive (Thesis)
            
              
Archive (Thesis)
SKRIPSI ESTRI WIDIAHRINI_C1B016024-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Electronic Word Of Mouth atau kecenderungan untuk berbagi melalui 
media sosial menjadi salah satu cara penyampaian pesan atau informasi masa kini. 
Promosi melalui media sosial merupakan cara yang mudah dan cepat untuk 
menarik wisatawan secara luas. Salah satunya dengan berbagi informasi terkait 
destinasi wisata populer di Indonesia yang akan mempermudah wisatawan 
mengetahui dengan pasti suatu destinasi wisata yang ada di Indonesia. Informasi 
yang dibagikan akan membantu calon wisatawan dalam pengambilan keputusan 
sesuai dengan tujuan wisata yang mereka butuhkan. Hal ini juga penting bagi 
perusahaan pariwisata dan daerah-daerah wisata agar dapat memahami apa yang 
dibutuhkan oleh para wisatawan ketika mengunjungi suatu destinasi wisata, 
sehingga wisatawan memilih destinasi wisata yang ditawarkan. 
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah opinion leadership 
berpengaruh terhadap propensity to share, (2) apakah travel experience 
berpengaruh terhadap propensity to share, (3) apakah reflected appraisal of self  
berpengaruh terhadap propensity to share, (4) apakah self image congruity 
berpengaruh terhadap propensity to share. 
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode 
pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online. 
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan muda yang ada di 
Indonesia yang pernah mengunjungi destinasi wisata populer di Indonesia dan 
pernah mencari serta membagikan informasi terkait destinasi wisata populer 
tersebut ke media sosial. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan 
metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 209 
responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic versi 
22.0.  
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) opinion leadership 
berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti  bahwa semakin tinggi tingkat opinion leadership wisatawan muda Indonesia, 
maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada destinasi wisata 
populer di Indonesia. (2) travel experience berpengaruh positif dan signifikan 
terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat travel 
experience wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat 
propensity to share pada destinasi wisata populer di Indonesia. (3) reflected 
appraisal of self  berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, 
yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat reflected appraisal of self wisatawan 
muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada 
destinasi wisata populer di Indonesia. (4) self image congruity berpengaruh positif 
dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi 
tingkat self image congruity wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin 
tinggi juga tingkat propensity to share pada destinasi wisata populer di Indonesia. 
Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman literatur tentang propensity 
to share, dan menyarankan kepada perusahaan pariwisata serta daerah-daerah 
yang terdapat destinasi wisata untuk lebih memperhatikan opinion leadership, 
travel experience, reflected appraisal of self  , self image congruity agar mampu 
menarik wisatawan lebih banyak dan lebih luas untuk mengunjungi destinasi 
wisata yang ditawarkan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji 
lebih mendalam mengenai kecenderungan untuk berbagi ke media sosial terkait 
destinasi wisata populer yang ada di Indonesia.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:43 | 
| Last Modified: | 29 Apr 2024 02:44 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17911 | 

