PENGARUH OPINION LEADERSHIP, TRAVEL EXPERIENCE, REFLECTED APPRAISAL OF SELF, DAN SELF IMAGE CONGRUITY, TERHADAP PROPENSITY TO SHARE (eWOM) PADA DESTINASI WISATA POPULER DI INDONESIA (Studi pada Wisatawan Muda di Indonesia)

Widiahrini, Estri and Fachri, Eka Saputra (2020) PENGARUH OPINION LEADERSHIP, TRAVEL EXPERIENCE, REFLECTED APPRAISAL OF SELF, DAN SELF IMAGE CONGRUITY, TERHADAP PROPENSITY TO SHARE (eWOM) PADA DESTINASI WISATA POPULER DI INDONESIA (Studi pada Wisatawan Muda di Indonesia). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI ESTRI WIDIAHRINI_C1B016024-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Electronic Word Of Mouth atau kecenderungan untuk berbagi melalui
media sosial menjadi salah satu cara penyampaian pesan atau informasi masa kini.
Promosi melalui media sosial merupakan cara yang mudah dan cepat untuk
menarik wisatawan secara luas. Salah satunya dengan berbagi informasi terkait
destinasi wisata populer di Indonesia yang akan mempermudah wisatawan
mengetahui dengan pasti suatu destinasi wisata yang ada di Indonesia. Informasi
yang dibagikan akan membantu calon wisatawan dalam pengambilan keputusan
sesuai dengan tujuan wisata yang mereka butuhkan. Hal ini juga penting bagi
perusahaan pariwisata dan daerah-daerah wisata agar dapat memahami apa yang
dibutuhkan oleh para wisatawan ketika mengunjungi suatu destinasi wisata,
sehingga wisatawan memilih destinasi wisata yang ditawarkan.
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah opinion leadership
berpengaruh terhadap propensity to share, (2) apakah travel experience
berpengaruh terhadap propensity to share, (3) apakah reflected appraisal of self
berpengaruh terhadap propensity to share, (4) apakah self image congruity
berpengaruh terhadap propensity to share.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode
pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan muda yang ada di
Indonesia yang pernah mengunjungi destinasi wisata populer di Indonesia dan
pernah mencari serta membagikan informasi terkait destinasi wisata populer
tersebut ke media sosial. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan
metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 209
responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic versi
22.0.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) opinion leadership
berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat opinion leadership wisatawan muda Indonesia,
maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada destinasi wisata
populer di Indonesia. (2) travel experience berpengaruh positif dan signifikan
terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat travel
experience wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat
propensity to share pada destinasi wisata populer di Indonesia. (3) reflected
appraisal of self berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share,
yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat reflected appraisal of self wisatawan
muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada
destinasi wisata populer di Indonesia. (4) self image congruity berpengaruh positif
dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi
tingkat self image congruity wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin
tinggi juga tingkat propensity to share pada destinasi wisata populer di Indonesia.
Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman literatur tentang propensity
to share, dan menyarankan kepada perusahaan pariwisata serta daerah-daerah
yang terdapat destinasi wisata untuk lebih memperhatikan opinion leadership,
travel experience, reflected appraisal of self , self image congruity agar mampu
menarik wisatawan lebih banyak dan lebih luas untuk mengunjungi destinasi
wisata yang ditawarkan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji
lebih mendalam mengenai kecenderungan untuk berbagi ke media sosial terkait
destinasi wisata populer yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:43
Last Modified: 29 Apr 2024 02:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17911

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200