Safhira, Nadzipa and Irwan, Koto and Connie, Connie (2022) ANALISIS KUANTITATIF KESESUAIAN BUKU PELAJARAN FISIKA KELAS X DENGAN KATEGORI LITERASI SAINS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Nadzipa Safhira A1E016048.pdf [thumbnail of Skripsi Nadzipa Safhira A1E016048.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Nadzipa Safhira A1E016048.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesesuaian materi dalam buku
pelajaran fisika kelas x dengan kategori literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan,
penyelidikan, cara berpikir, dan interaksi sains, teknologi dengan masyarakat. Penelitian
ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu
analisis isi (content analysis). Teknik analisis data yaitu dengan metode deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian dari buku terbitan Erlangga menyajikan kategori literasi sains
sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 46%; sains sebagai penyelidikan sebesar 14%;
sains sebagai cara berpikir sebesar 25%; dan interaksi sains, teknologi dengan masyarakat
sebesar 15%. Untuk buku terbitan Yudhistira menyajikan kategori literasi sains sebagai
batang tubuh pengetahuan sebesar 50%; sains sebagai penyelidikan sebesar 14%; sains
sebagai cara berpikir sebesar 24%; dan interaksi sains, teknologi dengan masyarakat
sebesar 12%. Dari data tersebut, buku pelajaran fisika kelas x yang digunakan dalam
proses pembelajaran pada umumnya lebih menekankan pada kategori sains sebagai
batang tubuh pengetahuan.
Kata kunci: Analisis, Literasi Sains, Buku Ajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:36 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17952 |