ANALISIS KUALITAS DAN TINGKAT KOGNITIF BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2020/2021

Syahtarina, Fika and Teddy, Alfra Siagian and Nurul, Astuty Yensy B (2022) ANALISIS KUALITAS DAN TINGKAT KOGNITIF BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2020/2021. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_A1C017046_FIKA SYAHTARINA.pdf] Text
SKRIPSI_A1C017046_FIKA SYAHTARINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal
Penilaian Akhir Semester Ganjil Matematika Kelas VII SMP Negeri 13 Kota
Bengkulu Tahun Ajaran 2020/2021 yang dilihat dari sebaran validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh serta tingkat kognitif soal
berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh lembar
jawaban PAS peserta didik yang berjumlah 170 dan diujikan secara daring melalui
google form. Data penelitian dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 33 soal (94,3%) valid dan 2 soal (5,7%) tidak
valid. Reliabilitas soal termasuk tinggi dengan koefisien reliabilitas 0,87. Ditinjau
dari tingkat kesukaran, soal dengan tingkat kesukaran sedang sebanyak 82,8%,
sukar sebanyak 8,6% dan soal mudah sebanyak 8,6%. Daya beda soal sebanyak 7
soal kategori cukup (20%), 23 kategori baik (65,7%), 4 soal dengan kategori baik
sekali (11,4%) dan 1 soal dengan daya beda jelek (2,9%). Sebanyak 5 dari 135
pengecoh tidak berfungsi dengan baik. Tingkat kognitif soal tersebar pada tingkat
C1 (mengenali) sebanyak 3 soal (8,6%), C2(memahami) sebanyak 6 soal (17,2%),
C3(mengaplikasikan) sebanyak 25 soal (71,4%) dan C4 (menganalisis) sebanyak
1 soal (2,8%).
Kata Kunci: Kualitas Soal, Soal PAS, Taksonomi Bloom Revisi, Tingkat
Kognitif Soal

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 May 2024 06:36
Last Modified: 07 May 2024 06:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17960

Actions (login required)

View Item
View Item