Azizah, Rahmiati and Hanifah, Hanifah and Ringki, Agustinsa (2022) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS XI REVISI 2017 MATERI TRANSFORMASI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_A1C017026_RAHMIATI AZIZAH_PEN.MAT.pdf [thumbnail of SKRIPSI_A1C017026_RAHMIATI AZIZAH_PEN.MAT.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_A1C017026_RAHMIATI AZIZAH_PEN.MAT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan
soal uji kompetensi materi transformasi pada buku teks matematika kurikulum
2013 kelas XI revisi 2017 terbitan Kemendikbud berdasarkan Taksonomi Bloom
Revisi. Taksonomi bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses
kognitif dimana terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan
(C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis Penelitian
ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data
penelitian ini adalah soal latihan dan soal uji kompetensi materi transformasi pada
buku teks matematika kelas xi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Soal-soal
latihan yang dianalisis berjumlah 5 soal dan soal uji kompetensi berjumlah 95
soal. Pada soal latihan memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 4
soal (80%) dan menganalisis sebanyak 1 soal (20%) serta tidak ditemukannya
tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), mengevaluasi (C5), dan
mencipta (C6). Sedangkan pada soal uji kompetensi memiliki tingkat kognitif
memahami (C2) sebanyak 11 soal (11,58%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 78
soal (82,10%) dan menganalisis sebanyak 6 soal (6.32%), serta tidak ada tingkat
kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Sehingga,
didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi
transformasi belum bervariasi atau belum proporsional.
Kata Kunci: Buku Teks Matematika, Soal, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:36 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17961 |