Mahalia, Triksi and Seprianti, Eka Putri and Rina, Suthia Hayu (2022) PERCEIVED IMPACT OF TOURISM, PLACE ATTACHMENT, PERCEIVED VALUE OF TOURISM DEVELOPMENT, TERHADAP PLACE IMAGE, SERTA IMPLIKASI PADA SUPPORT FOR TOURISM DEVELOPMENT DI INDONESIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Triksi Mahalia C1B017026 MGT'17 dataku-converted_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Dukungan untuk pembangunan pariwisata sangat penting khususnya
pembangunan wisata yang ada di Indonesia. Support for tourism development
karena masyarakat paling berperan didalam suatu destinasi sebagai teori paling
popular untuk menjelaskan anteseden penduduk untuk pariwisata, jika warga
percaya bahwa manfaatnya pembagunanan pariwisata melebihi biaya, mereka
lebih
positif
dan
mendukung tentang industri pariwisata penduduk
lokal,berdasarkan persepsi mereka tentang nilai pariwisata, mungkin mendukung
atau tidak mendukung perkembangan pariwisata lebih lanjut,dan dukungan
mereka dijadikan persyaratan paling penting untuk suatu destinasi (Agapito et al.,
,2010). Penelitian ini melihat seberapa besar Support for tourism development
yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Karena dukungan untuk
pembangunan wisata sangat penting bagi majuan wisata di Indonesia terutama
masyarakat yang ada yang tinggal di sekitar destinasi wisata.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan riset
kepustakaan dan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian
ini adalah masyarakat yang tinggal di Indonesia. Jumlah sampel pada penelitian
ini adalah sebanyak 200 responden. Analisis dalam penelitian ini diolah dengan
menggunakan SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perceived
impact of tourism, place attachment, perceived value of tourism development,
place image berpengaruh signifikan terhadap support for tourism development.
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian ini terdapat beberapa
saran yang dapat diberikan:1.) Lebih meningkatkan lagi pembangunan pariwisata
di Indonesia agar mampu memberikan peluang kerja bagi masyarakat yang
membutuhkan. Terlihat dari variabel place image bahwa destinasi wisata harus
mempunyai layanan hiburan yang bisa membuat wisatawan bisa memiliki
keterikatan dan merasa destinasi wisata sangat berpengaruh positif.
2.) Meningkatkan suasana alami dan unik di lingkungan sekitar destinasi,
seperti membangun spot selfie bagi wisatawan yang berkunjung. Hal ini terlihat
respon dari wisatawan yang memberikan penilaian sangat tinggi terhadap suasana
dari destinasi wisata di Indonesia. Sehingga ini akan mendorong wisatawan untuk
lebih peduli dan mengharga terhadap lingkungan destinasi wisata di Indonesia. 3.)
Pemerintah dan masyrakat harus saling mendukung pembangunan destinasi wisata
di Indonesia agar memiliki dampak yang positif bagi wisatawan yang berkunjung
ke destinasi wisata dengan adanya saling mendukung antara keduanya akan
menciptakan citra tempat yang diharapakan semua wisatawan dan membuat
wisatawan merasa terikat pada suatu destinasi yang dinilai positif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:29 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17970 |