JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT BANK BENGKULU

Allena Putri, Zalita and Sugeng, Susetyo and Fahrudin, JS Pareke (2022) JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT BANK BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
skripsi zalita allena_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Demi tercapainya keberhasilan perusahaan, perusahaan membutuhkan
karyawan yang bersedia melakukan lebih dari sekedar tugas utamanya, yang akan
memberikan kinerja yang melebihi harapan. Penelitian ini dilakukan untuk: (1)
Menguji dan menganalisis pengaruh Emotional Intelligence terhadap
Organizational Citizenship Behavior pada karyawan di PT Bank Bengkulu. (2)
Menguji dan menganalisis pengaruh Emotional Intelligence terhadap Job
Satisfaction pada karyawan di PT Bank Bengkulu. (3) Menguji dan menganalisis
pengaruh Job Satisfaction terhadap Organizational Citizenship Behavior pada
karyawan di PT Bank Bengkulu. (4) Menguji dan menganalisis Job Satisfaction
memediasi hubungan Emotional Intelligence dengan Organizational Citizenship
Behavior pada karyawan di PT Bank Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner
secara offline untuk mendapatkan informasi responden. Dalam menguji dan
menganalisis datanya menggunakan SPSS.16 for Windows. Sampel dalam
penelitian ini 142 karyawan PT Bank Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
dengan metode sensus. Penelitian menggunakan analisis regresi termediasi.
Dengan menggunakan hipotesis yang dihasilkan bahwa variabel job satisfaction
dinyatakan sebagai mediasi parsial.
Hasil analisis data yang dilakukan menghasilkan seluruh item pernyataan
untuk variabel dalam penelitian ini valid dan reliabel. Dalam pengujian hipotesis
dihasilkan bahwa : (1) Emotional Intelligence berpengaruh positif signifikan
terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT Bank Bengkulu.
(2) Emotional Intelligence berpengaruh positif signifikan terhadap job satisfaction
pada karyawan PT Bank Bengkulu. (3) Job satisfaction berpengaruh positif dan
signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT Bank
Bengkulu. (4) Job satisfaction memediasi Emotional Intelligence pada
organizational citizenship behavior. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan
kepada pihak PT Bank Bengkulu agar dapat lebih meningkatkan memahami
perasaan diri sendiri dan orang lain serta meningkatkan perilaku OCB antar rekan
kerja. Selain itu pihak PT Bank Bengkulu lebih memperhatikan job satisfaction
karyawan agar merasa puas atas pekerjaan yang telah dilakukan demi tercapainya
keberhasilan suatu perusahaan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 May 2024 07:52
Last Modified: 07 May 2024 07:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200