Ainun, Cahyati and Bambang, Sumantri and Sriyoto, Sriyoto (2022) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PRODUKSI, PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHA PEMBESARAN IKAN NILA PADA SKALA USAHA YANG BERBEDA DI KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI AINUN CAHYATI (E1D017013).pdf [thumbnail of SKRIPSI AINUN CAHYATI (E1D017013).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AINUN CAHYATI (E1D017013).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang memberikan komitmen tinggi
terhadap pembangunan ketahanan pangan. Sebagai negara Agraris, Indonesia
menempatkan pembangunan di bidang pertanian menjadi prioritas utama. Sektor pertanian
sendiri dalam arti sempit terdiri dari berbagai subsector salah satunya adalah subsektor
perikanan. Menurut Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1985 tentang perikanan dapat
disimpulkan salah satu sub sektor pertanian yang sangat berperan dalam pembudidayaan
sumberdaya di perairan adalah usaha perikanan khususnya perikanan budidaya.
Kecamatan Padang Jaya menjadi salah satu daerah yang berpotensi untuk di
kembangkan sebagai salah satu wilayah penghasil jenis ikan budidaya. Sehingga pada
tahun 2009 Kecamatan Padang Jaya telah ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan
Perikanan sebagai daerah Minapolitan yang berfokus pada kemajuan sektor perikanan dan
telah ditetapkan sebagai pusat produksi ikan air tawar. Salah satu tantangan yang menarik
perhatian dalam usaha budidaya ikan Nila di Kecamatan Padang Jaya adalah belum
optimalnya penggunaan faktor-faktor produksi dalam usaha budidaya. Mengingat selama
ini para petani ikan Nila melakukan kegiatan budidaya hanya karena aktivitas mereka yang
turun-temurun tanpa mengetahui dan memperhitungkan factor-faktor produksi yang paling
berpengaruh dalam usaha pembesaran ikan Nila itu sendiri. Selain itu pemasaran juga
berperan penting terhadap usaha budidaya, dengan adanya pemasaran maka konsumen
akan mengetahui produk berupa hasil ikan budidaya yang dilakukan oleh petani di
Kecamatan Padang Jaya.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
produksi usaha pembesaran ikan Nila pada skala usaha yang berbeda, menganalisis Bentuk
saluran dan distribusi pemasaran ikan Nila, menganalisis besaran margin pemasaran ikan
Nila, dan menganalisis pendapatan usaha pembesaran ikan Nila pada skala usaha yang
berbeda di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Penentuan lokasi
penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive). Responden dalam penelitian ini
ditentukan dengan menggunakan metode proportional stratified random sampling.
Responden yang diambil sebanyak 144 petani ikan Nila. Pengumpulan data menggunakan
data primer dan sekunder, dengan meggunakan metode Analisis Fungsi produksi CobbDouglas, Analisis saluran dan distribusi pemasaran, margin pemasaran, serta Analisis
Pendapatan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Faktor-faktor Produksi yang berpengaruh
nyata terhadap produksi Usaha pembesaran ikan Nila Pada Skala Usaha Luas yaitu Luas
Kolam, Jumlah Pakan Setara merk Newhope Aqua Feed-Omega, jumlah tenaga kerja,
Obat-obatan setara cair, dan jumlah penggunaan pupuk/kapur. Faktor-faktor Produksi yang
tidak berpengaruh terhadap produksi Usaha pembesaran ikan Nila Pada Skala Usaha Luas
yaitu jumlah benih setara ukuran 3x5 cm. Sedangkan pada Skala Usaha sempit Faktor�faktor Produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi Usaha pembesaran ikan Nila
yaitu Luas lahan dan jumlah benih setara ukuran 3x5 cm, dan Faktor-faktor Produksi yang
tidak berpengaruh terhadap produksi Usaha pembesaran ikan Nila Pada Skala Usaha
sempit yaitu Jumlah Pakan Setara merk Newhope Aqua Feed-Omega, jumlah tenaga kerja,
Obat-obatan setara cair, dan jumlah penggunaan pupuk/kapur.
Saluran dan distribusi pemasaran ikan Nila di Kecamatan Padang Jaya memiiki tiga
bentuk saluran pemasaran yaitu : (1) Produsen ikan Nila - Pedagang Pengumpul Desa -
Pedagang Pengumpul Kecamatan– Pedagang Pengumpul Besar - Pedagang Pengecer�Konsumen. (2) Produsen ikan Nila - Pedagang Pengumpul Desa - Pedagang Pengumpul
Besar - Pedagang Pengecer – Konsumen. (3) Produsen ikan Nila - Pedagang Pengumpul
Desa – Konsumen. Margin Pemasaran ikan Nila pada saluran I dan II diperoleh nilai
sebesar Rp. 8.500/Kg. Sedangkan besaran margin pada Saluran III yaitu sebesar Rp.
6.500/Kg. Rata-rata pendapatan petani ikan Nila dalam usaha pembesaran Ikan Nila di
Kecamatan Padang Jaya pada skala usaha luas adalah sebesar Rp. 41.427.533/MT dan
pendapatan petani ikan Nila dalam usaha pembesaran Ikan Nila di Kecamatan Padang Jaya
pada skala usaha sempit adalah sebesar Rp. 19.609.651/MT.
Kata Kunci : Ikan Nila, Faktor-faktor Produksi, Skala Usaha, Pemasaran, Pendapatan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agronomy |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:55 |
Last Modified: | 08 May 2024 04:55 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17985 |