PENYELESAIAN SENGKETA E-COMMERCE SHOPEE MELALUI ONLINE DISPUTE RESOLUTION (ODR) SEBAGAI PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN

TRI, ASMAWATI and Nur, Sulistyo B. Ambarini and Widiya, N Rosari (2022) PENYELESAIAN SENGKETA E-COMMERCE SHOPEE MELALUI ONLINE DISPUTE RESOLUTION (ODR) SEBAGAI PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI-TRI ASMAWATI-UNIVERSITAS BENGKULU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi telah membawa
kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi salah satunya di bidang
perdagangan atau dikenal dengan istilah e-commerce. Shopee merupakan
salah satu e-commerce yang berkembang di Indonesia. Di dalam e-commerce
Shopee para pihak dapat melakukan transaksi jual beli secara online tanpa
harus bertemu langsung. Kemudahan aktivitas dalam e-commerce Shopee
tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan berbagai macam sengketa.
Oleh sebab itu, diperlukan model penyelesaian sengketa yang cepat dan aman
yang melindungi kepentingan para pihak. Berkembangnya gagasan untuk
menggunakan sistem online dispute resolution (ODR) sebagai upaya
penyelesaian sengketa yang cepat dan melindungi kepentingan para pihak
yang bersengketa dalam transaksi e-commerce. Jenis penelitian ini adalah
penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan,
pendekatan kasus dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian ini yaitu;
pertama, penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh e-commerce Shopee
menggunakan penyelesaian secara online dispute resolution (ODR) dengan
bentuk metode mediasi online. Kedua, penyelesaian sengketa e-commerce
Shopee yang diselesaikan melalui online dispute resolution (ODR) dengan
bentuk metode mediasi online merupakan salah satu upaya Shopee dalam
memberikan perlindungan terhadap hak konsumen dan pemenuhan kewajiban
pelaku usaha sebagaimana yang diatur dalam Pasal 4 dan Pasal 7 Undang�Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Kata Kunci: E-commerce, Shopee, Penyelesaian Sengketa, Online
Dispute Resolution (ODR), Konsumen.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 May 2024 04:51
Last Modified: 21 May 2024 04:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18072

Actions (login required)

View Item
View Item