Pratiwi, Fitriyanti and Heri, Supriyanto and Susri , Adeni (2011) PELAKSANAAN MARKETING PUBLIC RELATIONS RUMAH SAKIT RAFFLESIA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![Fitriyanti Pratiwi (D1E007006)-2.pdf [thumbnail of Fitriyanti Pratiwi (D1E007006)-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fitriyanti Pratiwi (D1E007006)-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi dan mengetahui mengenai
kegiatan Marketing Public Relations yang dilakukan oleh Rumah Sakit Rafflesia
Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara mendalam dengan informan terpilih berdasarkan kredibilitasnya yaitu
bagian Humas/Marketing Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu telah melaksanakan
kegiatan-kegiatan Marketing Public Relations. Kegiatan – kegiatan tersebut yaitu
publikasi, event, berita, kegiatan layanan publik, dan media identitas. Untuk
publikasi, Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu melakukan pembuatan laporan
tahunan dan penyebaran brosur. Event yang pernah diselenggarakan Rumah Sakit
Rafflesia dalam hal mendukung kegiatan Marketing Public Relations adalah
mengadakan seminar, peringatan hari jadi, dan pameran. Untuk berita, Rumah
Sakit Rafflesia Bengkulu membuat press release yang kemudian dikirimkan ke
media cetak untuk diterbitkan menjadi berita. Kegiatan layanan publik yang
dilakukan adalah mengadakan acara sunatan massal yang dikhususkan bagi anak
kurang mampu. Kegiatan pidato dilakukan dengan mengisi acara acara seminar
yang diadakan oleh Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu. Salah satu seminar yang
diadakan adalah seminar mengenai pencegahan penularan penyakit HIV AIDS
pada remaja. Untuk media identitas, Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu
menggunakan logo, slogan, kartu nama, dan seragam. Dan untuk kegiatan lain
rumah sakit Rafflesia Bengkulu membuat sebuah akun facebook. Faktor
pendukung dalam pelaksanaan Marketing Pulic Relations ini adalah adanya
dukungan dari Direksi dan karyawan lain terhadap bagian Humas. Faktor
penghambat dalam pelaksanaan kegiatan Marketing Public Relations ini adalah
minimnya dana dan kurang berkompetennya sumber daya manusia yang
menangani kegiatan Marketing Public Relations ini.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Nov 2013 16:20 |
Last Modified: | 20 Nov 2013 16:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1811 |