KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK

Oktarini, Tetin and Mas, Agus Firmansyah and Lamhir , S. Sinaga (2011) KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of Skripsi Tetin Octarini-2.pdf] Text
Skripsi Tetin Octarini-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (748kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peristiwa yang menyebutkan
banyaknya siswa yang tidak lulus UN khususnya di Kota Bengkulu dan
kurangnya perhatian pemerintah terhadap kualitas dan kuantitas pendidikan yang
ada di Indonesia. Sehingga dalam pendidikan peran dan perhatian orang tua
sangat diperlukan oleh anak. Penelitian ini memfokuskan pada kajian tentang
komunikasi persuasif orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak,
khususnya pada siswa yang tengah mengenyam pendidikan dibangku kelas tiga di
SMP 12 Kota Bengkulu. Peneliti ingin melihat bagaimana orang tua menerapkan
teknik komunikasi persuasif dalam menumbuhakan motivasi belajar pada anak
dan ingin melihat bagaimana cara yang dilakukan orang tua dalam menumbuhkan
motivasi belajar pada anak. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan
dalam mencari informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan
teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini mengungkapkan bahwa orang tua Orang tua menerapkan
komunikasi persuasif pada anak dengan tujuan utama untuk menumbuhkan
motivasi belajar anak. Teknik komunikasi persuasif yang diterapkan orang tua
dengan menggunakan teknik ganjaran (Pay Off Technique). Teknik komunikasi
persuasif ini dilakukan dengan cara menasehati anak agar mau belajar,
menggiming-iminggi dengan hadiah, menggambarkan konsekuensi baik dari giat
belajar maupun menggambarkan konsekuensi buruk dari malas belajar. Selain
menggunakan teknik komunikasi persuasif diketahui ada beberapa orang tua juga
menggunakan penekanan pada kata-kata yang disampaikannya, memberikan
hukuman, dan menggunakan ancaman dalam menumbuhkan motivasi belajar pada
anak. Orang tua menumbuhkan motivasi belajar pada anak dengan berbagai
macam cara, namun hal tersebut juga harus didukung dari adanya kesadaran diri
dan motivasi dari dalam diri masing-masing anak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Nov 2013 17:11
Last Modified: 20 Nov 2013 17:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item
View Item