Desriyana, Dita and Hermansyah, Amir and Salastri, Rohiat (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MATERI IKATAN KIMIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi Dita Desriyana (siap cetak).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kelayakan dan respon peserta
didik terhadap instrumen evaluasi pembelajaran kimia berbasis aplikasi
Kahoot yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan pada bulan
September-November 2021 di universitas bengkulu dan SMA Negeri 3
Kota Bengkulu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian
ini, yaitu 4-D (Four-D) dari thiagarajan yang dibatasi pada tahap develop.
Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 32 orang peserta didik dari kelas XI
MIPA 4. Data penelitian diperoleh dari angket ahli materi dan ahli media
serta angket respon peserta didik. Data penelitian menggambarkan tingkat
kelayakan instrumen pembelajaran kimia berbasis aplikasi Kahoot pada
aspek media sebesar 96% dan aspek materi sebesar 85%, sehingga
instrumen evaluasi pembelajaran kimia berbasis aplikasi Kahoot dapat
dikategorikan sangat valid. Hasil uji respon peserta didik terhadap
instrumen evaluasi pembelajaran kimia berbasis aplikasi Kahoot diperoleh
persentase sebesar 87,52% dengan kategori sangat menarik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi pembelajaran kimia
berbasis aplikasi Kahoot pada materi ikatan kimia yang telah
dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai alat evaluasi
pembelajaran kimia.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Instrumen evaluasi, Kahoot,
Ikatan Kimia
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 30 May 2024 08:09 | 
| Last Modified: | 30 May 2024 08:09 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18275 | 

