PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIT APP INVENTOR BERPLATFORM ANDROID PADA MATERI STOIKIOMETRI DI KELAS X MIPA SMAN 7 KOTA BENGKULU

Ginting, Ruth Sintia br and Sura, Menda Ginting and Hermansyah, Amir (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIT APP INVENTOR BERPLATFORM ANDROID PADA MATERI STOIKIOMETRI DI KELAS X MIPA SMAN 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_RUTH SINTIA BR GINTING_A1F017035.pdf] Text
SKRIPSI_RUTH SINTIA BR GINTING_A1F017035.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran dan
mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan
model pengembangan yang diadaptasi dari model Borg & Gall yaitu: 1) Potensi
dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5)
Perbaikan Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji coba pemakaian,
9) Revisi Produk, dan 10) Pembuatan Produk Masal. Tetapi pada penelitian ini,
tahapan penelitian dibatasi sampai langkah ke-6 yaitu tahap uji coba produk.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara kepada guru
kimia, lembar angket untuk validasi media pembelajaran dan lembar angket
respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di
Universitas Bengkulu dan di SMAN 7 Kota Bengkulu dengan sampel penelitian
yaitu 36 siswa kelas X MIPA 4. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat kelayakan
media pembelajaran menurut validator ahli materi yaitu 88,75% dan menurut
validator ahli media yaitu 90,90%. Persentase rata-rata tingkat kelayakan media
pembelajaran yang dikembangkan yaitu 89,825% sehingga berdasarkan hasil
validasi oleh semua validator dinyatakan “Sangat Valid”. Berdasarkan hasil uji
coba produk, hasil respon siswa di kelas terhadap media pembelajaran MIT App
Inventor pada materi stoikiometri memperoleh persentase 89,27% yang termasuk
kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran MIT
App Inventor pada materi stoikiometri yang telah dikembangkan sangat layak
digunakan dan layak diterapkan pada proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, MIT App Inventor, stoikiometri

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jun 2024 09:07
Last Modified: 10 Jun 2024 09:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18354

Actions (login required)

View Item
View Item