IMPLEMENTASI ALGORITMA RULE BASED PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERIODIK UNSUR BERGENRE ROLE PLAYING GAME (RPG) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA DI SMAN 5 KOTA BENGKULU

NANDA, TRI YASWAN and Boko, Susilo and Andang, Wijanarko (2023) IMPLEMENTASI ALGORITMA RULE BASED PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERIODIK UNSUR BERGENRE ROLE PLAYING GAME (RPG) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA DI SMAN 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik.

[thumbnail of Thesis Informatika] Archive (Thesis Informatika)
SKRIPSI - Nanda Tri Yaswan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Teknologi telah berkembang dan memasuki banyak aspek kehidupan manusia, seperti
pendidikan. Terdapat beberapa masalah para siswa ketika proses pembelajaran di kelas
seperti kebosanan. Salah satu kemampuan guru untuk mengubah kegiatan
pembelajaran adalah dengan membuat media pembelajaran. Salah satu mata pelajaran
kimia kelas X adalah materi sistem periodik unsur (SPU). Algoritma rule based pada
game RPG (Role Playing Game) juga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar
siswa, sehingga mereka lebih bersemangat dalam mempelajari materi tersebut.
Penelitian dan pengembangan (R&D) adalah jenis penelitian yang digunakan untuk
membuat produk dan menguji kinerjanya. Game edukasi yang berfokus pada materi
SPU adalah produk yang dikembangkan dalam penelitian ini. Dengan algoritma rule
based, efektivitas pada media pembelajaran RPG siswa kelas X MIPA terkait sistem
periodik unsur memiliki tingkat kegunaan yang baik sehingga disimpulkan bahwa
media ini sudah sesuai dan efektif dalam pembelajaran, ini dibuktikan dengan uji
tingkat usability dengan skor rata-rata = 80,14. Hasil uji dan hasil post-test setelah
menggunakan media pembelajaran menunjukkan ada peningkatkan prestasi belajar
siswa kelas X MIPA di SMAN 5 Kota Bengkulu. Perbandingan dilakukan antara kelas
eksperimen (menggunakan media) dan kelas kontrol (tanpa media), dengan nilai
eksperimen rata-rata = 52,08 dan nilai kontrol rata-rata = 48,16.
Kata kunci: media pembelajaran, algoritma rule based, sistem periodik unsur, role
playing game.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:55
Last Modified: 11 Jun 2024 04:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18365

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200