FURQON, AFFANDI and Ruvita, Faurina and Andang, Wijanarko (2023) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMILIH SMARTPHONE UNTUK MOBILE GAME MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik.
![Thesis informatika [thumbnail of Thesis informatika]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
BAB 1 - 6 FULL - Furqon Affandi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Smartphone merupakan salah satu perangkat teknologis pilihan masyarakat
Indonesia zaman sekarang karena sifatnya yang serbaguna, baik sebagai alat
komunikasi maupun sarana hiburan dengan harga yang cenderung lebih terjangkau
bila dibandingkan dengan laptop atau PC. Salah satu hiburan utama yang dapat
diberikan oleh smartphone adalah mobile game yang umumnya dapat diunduh dan
dimainkan secara gratis. Namun masyarakat seringkali kebingungan memilih
smartphone mana yang paling tepat untuk memainkan mobile game, mengingat
masyarakat Indonesia cenderung memiliki pendapatan yang lebih rendah bila
dibandingkan dengan negara-negara lainnya, terutama negara-negara maju. Maka
dari itu, diperlukanlah sebuah sistem yang mampu merekomendasikan smartphone
yang tepat untuk memainkan mobile game sesuai dengan budget yang dimiliki.
Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode weighted product sebagai
metode pengambilan keputusan. Penelitian ini merupakan penelitian campuran
kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem rekomendasi
smartphone berbasis web yang dapat menampilkan daftar smartphone Android
beserta gambar dan spesifikasinya yang mengacu pada spesifikasi minimal yang
diperlukan mobile game yang dipilih dan budget yang dimiliki user. Spesifikasi
smartphone Android yang digunakan adalah GPU, chipset, RAM, ukuran layar,
resolusi layar, baterai, memori internal, dan harga smartphone. Sedangkan
spesifikasi minimal suatu smartphone untuk memainkan mobile game yang
digunakan meliputi GPU, chipset, RAM, dan ukuran game itu sendiri.
Kata Kunci: Sistem, Rekomendasi, Smartphone, Mobile Game, Weighted Product.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 03:28 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 03:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18388 |