ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA BIDANG PENCATATAN SIPIL

Angelia, Indah and Loesida , Roeliana and Syamsurizal, Syamsurizal (2010) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA BIDANG PENCATATAN SIPIL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of Inda Skripsi Ok-2.pdf] Text
Inda Skripsi Ok-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta
Kelahiran Pada Bidang Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Bengkulu”. Permasalahan yang diteliti adalah
Bagaimanakah Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Bidang
Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota
Bengkulu. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas
pelayanan pada Bidang Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Bengkulu telah terlaksana dengan maksimal. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan, dilakukan
dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Informan dipilih sesuai
dengan sasaran penelitian, sebanyak 20 orang, yaitu 3 orang pegawai bidang
catatan sipil serta 17 orang masyarakat yang telah atau sedang membuat
akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu.
Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa kualitas pelayanan pada bidang
catatan sipil masih tergolong rendah dimana dapat dilihat dari efisiensi waktu
dan biaya pelayanan. Akuntabilitas pelayanan yang masih sangat rendah, hal
ini disebabkan karena pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih
mengacu pada aturan petunjuk pelaksana. Pada orientasi terhadap
pelayanan sudah cukup baik dilihat dari keberadaan pegawai, tetapi jika
dilihat dari prosedur pelayanan masih dianggap masyarakat memberatkan
terutama persyaratan yang ada. Pada fasilitas pelayanan sangat dirasakan
kurang dan responsivitas telah dimiliki oleh pegawai, tetapi belum dapat
memberikan
kebutuhan
yang
diinginkan
oleh
masyarakat.
Secara
keseluruhan Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Bidang
Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu
cukup baik, tetapi belum optimal dikarenakan banyaknya kelemahan-
kelemahan yang ada.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Nov 2013 22:31
Last Modified: 22 Nov 2013 22:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200