PERSEPSI ORANGTUA SISWA DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS DI KOTA BENGKULU

Veriyanti, Rolly and Budiyono , Budiyono and Achmad, Aminudin (2010) PERSEPSI ORANGTUA SISWA DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of ROLLY VERIYANTI.pdf] Text
ROLLY VERIYANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah ketertarikan peneliti akan adanya Kebijakan
Pendidikan Gratis Walikota Bengkulu Nomor 06 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan
Pendidikan Gratis pada Sekolah Negeri di Kota Bengkulu. Namun, Implementasi
kebijakan pendidikan gratis ini banyak menimbulkan permasalahan baik dari pihak
pelaksana di tingkat sekolah, hingga persepsi yang negatif dimata masyarakat karena
banyak munculnya masalah pungutan untuk sumbangan. Dengan melihat Pro dan kontra
adanya kebijakan pendidikan gratis di masyarakat sedikit banyak akan memberikan
pemahaman dan persepsi yang berbeda-beda di masyarakat. Untuk itu, peneliti merasa
tertarik melakukan penelitian mengenai Persepsi Orangtua Siswa Dalam Implementasi
Kebijakan Pendidikan Gratis Di Kota Bengkulu. Rumusan masalah adalah
bagaimanakah persepsi Orangtua siswa dalam implementasi kebijakan pendidikan gratis
di Kota Bengkulu dengan Studi Kasus SMAN 3 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui persepsi Orangtua siswa dalam Implementasi Kebijakan
Pendidikan Gratis Di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling. Fokus
penelitian yang digunakan ada 6 item yaitu penilaian orangtua siswa terhadap sosialisasi
kebijakan, penilaian orangtua siswa terhadap pelaksanaan pembebasan biaya pendidikan
di sekolah, pendapat orangtua siswa tentang pembebasan biaya pendidikan, pendapat
orangtua siswa mengenai pengadaan pakaian seragam, buku dan LKS dikelola oleh
Pihak Sekolah, penilaian orangtua siswa tentang dampak/manfaat dari kebijakan
pendidikan gratis serta sikap orangtua siswa terhadap kebijakan pendidikan gratis. Dari
hasil penelitian diketahui bahwa persepsi orangtua siswa dalam implementasi kebijakan
pendidikan gratis adalah positif meskipun masih ada 2 variabel yang dinilai negatif yaitu
penilaian negatif terhadap sosialisasi kebijakan pendidikan gratis, dan penilaian negatif
pelaksanaan pembebasan biaya pendidikan di sekolah karena dinilai belum dapat
dilakukan secara maksimal dengan alasan masih adanya pungutan. Persepsi positif yang
diberikan oleh orangtua siswa terhadap implementasi kebijakan pendidikan gratis
meliputi, Pendapat positif terhadap pembebasan biaya pendidikan,Pendapat positif
mengenai pengadaan pakaian seragam, buku dan LKS dikelola pihak Sekolah, Penilaian
positif terhadap dampak/manfaat kebijakan pendidikan gratis, Sikap yang positif
terhadap kebijakan pendidikan gratis itu sendiri karena dipandang tujuan kebijakan itu
sendiri serta demi kepentingan dan kemajuan pendidikan di Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Nov 2013 23:04
Last Modified: 22 Nov 2013 23:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item
View Item