Perbedaan Pendampingan Ayah danIbu Bekerja di Sektor Formal dalam Pembelajaran Anak pada Masa Pandemi Covid-19

Silalahi, Febry Reza and Heni, Nopianti and Diyas, Widiyarti (2021) Perbedaan Pendampingan Ayah danIbu Bekerja di Sektor Formal dalam Pembelajaran Anak pada Masa Pandemi Covid-19. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI(2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendampingan Ayah dan Ibu yang
bekerja di sektor formal dalam pembelajaran anak pada masa pandemi Covid-19.Lokasi
penelitian dilakukan di HKBP Jitra Kota Bengkulu.Penelitian ini menggunakan
paradigma fakta sosial dengan teori fungsionalisme struktural.Teori fungsionalisme
struktural menekankan kepada keteraturan (order),mengabaikan konflik, dan perubahan�perubahan dalam masyarakat.Konsep-konsep utamanya adalah fungsi, disfungsi, fungsi
manifest, dan keseimbangan equilibrium.Metode penelitian yang dipakai adalah metode
kuantitatif deskriptif dengan analisis data tabulasi silang dalam bentuk persentase,
dengan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan wawancara. Penentuan
responden menggunakan teknik purposive sampling yaitu 31 pasang orang tua yaitu
ayah dan ibu yang bekerja di sektor formal dan memiliki anak yang bersekolah daring
dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama.Penelitian
menghasikan informasi bahwa ibu lebih mendominasi dalam membimbing belajar anak
pada masa pandemi Covid-19. Adanya bentuk peran yang dilakukan Ayah dan Ibu
terhadap anak yaitu sebagai pendidik, sebagai teman dan sebagai pengawas. Dalam
menjalankan perannya sebagai pendidik, salah satu usaha yang dilakukan orang tua
adalah menyekolahkan anak-anaknya.Peran sebagai teman, orang tua sebisa mungkin
meluangkan waktu untuk berkumpul dengan anaknya.Selanjutnya peran sebagai
pengawas, orang tua berusaha tetap dapat mengawasi anaknya ketika belajar.Orang tua
juga mengawasi tontonan televisi anaknya.Upaya yang dilakukan orang tua dalam
memenuhi kebutuhan pendidikan formal anak yaitu: pertama, menyediakan fasilitas
belajar. Dalam penyediaan fasilitas orang tua menyediakan buku, handphone, laptop,
kuota internet, memasukan anak les.Kedua, mengawasi kegiatan belajar dan pengunaan
waktu belajar di rumah.Ketiga, mengetahui kesulitan anak dalam belajar. Salah satu cara
yang dilakukan oleh orang tua agar mengetahui kesulitan anak dalam belajar adalah
dengan mengetahui hasil belajar anak. Keempat, menolong anak mengatasi kesulitannya,
orang tua dapat memberikan solusi guna menyelesaikan masalah anak tersebut.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:34
Last Modified: 21 Jun 2024 02:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18506

Actions (login required)

View Item
View Item