ANALISIS KEGIATAN SPONSORSHIP PT.NIM CABANG BENGKULU SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MEMPERKENALKAN PRODUK ROKOK WIN MILD

Fikry Finardi, Adrika and Gushevinalti, Gushevinalti and Wahyu , Widiastuti (2010) ANALISIS KEGIATAN SPONSORSHIP PT.NIM CABANG BENGKULU SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MEMPERKENALKAN PRODUK ROKOK WIN MILD. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of Adrika Fykry Finardi.pdf] Text
Adrika Fykry Finardi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (804kB)

Abstract

Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh PT.NIM Cabang
Bengkulu dalam mengenalkan dan memasarkan rokok Win Mild yakni melalui
kegiatan sponsorship atau diistilahkan oleh PT.NIM Cabang Bengkulu sebagai
kegiatan public promo. Berpijak pada teori Integrated Marketing Communication
yang mengakui peran strategis dari setiap bentuk komunikasi dalam kegiatan
pemasaran, termasuk peran humas dalam penyelenggaraan kegiatan sponsorship,
maka penelitian ini bertujuan untuk : pertama, mengetahui mekanisme PT.NIM
Cabang Bengkulu dalam memberikan sponsor kepada pihak penyelenggara suatu
event. Kedua, untuk mengetahui bentuk dan batasan keterlibatan pihak PT.NIM
Cabang Bengkulu dalam setiap hubungan kerjasama (kontrak) sponsorship.
Ketiga, untuk mengetahui model pendekatan komunikasi yang dilakukan PT.NIM
Cabang Bengkulu dalam menarik simpati konsumen atau calon konsumen pada
saat event berlangsung. Keempat, untuk mengetahui dampak dari kegiatan
sponsorship dilihat dari pengetahuan konsumen atau calon konsumen terhadap
produk. Penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan
untuk membuat deskripsi secara sistematis, factual, dan akurat mengenai strategi
komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT.NIM Cabang Bengkulu melalui
kegiatan sponsorship untuk memperkenalkan produk rokok WIN Mild. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni melalui kegiatan wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : pertama, kegiatan sponsorship yang
dilakukan oleh PT.NIM Cabang Bengkulu tidak dibawahi langsung oleh bagian
humas, akan tetapi dilakukan oleh bagian promosi. Dalam memberikan
sponsorship kepada pihak penyelenggara event PT.NIM akan melihat terlebih
dahulu segmen pasar yang dituju oleh suatu event. Kedua, sistem kerjasama yang
dilakukan yakni dalam bentuk selling penjualan dan memberi syarat kepada pihak
penyelenggara event untuk mengkomunikasikan brand dari PT.NIM dengan cara
yang menarik. Ketiga, melalui hasil wawancara dengan informan penelitian,
diketahui bahwa pemberian sponsorship terhadap penyelenggaraan event
sebenarnya dapat membuat konsumen atau calon konsumen menjadi mengenal
produk rokok Win Mild. Jadi, kegiatan sponsorship merupakan salah satu pilihan
strategi pemasaran yang efektif digunakan untuk mengenalkan suatu produk.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Nov 2013 23:17
Last Modified: 22 Nov 2013 23:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1851

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200