RANCANG BANGUN PESAWAT AEROMODELLING BERTIPE HIGH WING

IBROHIM, IBROHIM and Agus, Suandi and Helmizar, Helmizar (2023) RANCANG BANGUN PESAWAT AEROMODELLING BERTIPE HIGH WING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi IBROHIM (G1C018020) - Ibrohim _.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pesawat aeromodelling merupakan pesawat tanpa awak yang berukuran kecil.
Pada saat ini aeromodelling sudah dijadikan sebagai kegiatan dengan tujuan
rekreasi (hiburan), hobi, edukasi, olahraga maupun bisnis. Di Bengkulu pun hobi
tentang pesawat aeromodelling ini sendiri sifatnya masih jarang. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui perancangan dengan asumsi beban 1 kg dan
pembuatan pesawat aeromodelling serta dapat mengetahui hubungan antara berat
dan konsumsi energi yang dibutuhkan pesawat.
Proses penelitian ini dibagi menjadi tiga. Proses pertama yaitu menentukan
asumsi-asumsi awal, dimensi pesawat, dan konfigurasi pesawat. Proses kedua
yaitu pembuatan gambar pesawat dalam aplikasi CAD dan proses pembuatan
pesawat berdasarkan gambar CAD. Proses yang ketiga yaitu pengujian terbang
pesawat yang dilakukan dengan penambahan beban 100 gram dalam
pengujiannya. Dari ketiga proses tersebut diperoleh konfigurasi tractor (propeller
di depan) dengan bentuk sayap persegi panjangdan posisi sayap pada bagian atas
badan pesawat (high wing). Pesawat yang di bangun menggunakan bahan berupa
Styrofoam padat (depron) dengan ketebalan 5mm pada bagian badan dan ekor
pesawat serta 3mm untuk bagian luar sayap pesawat dan memiliki berat akhir 800
gram. Propeller yang digunakan pada penelitian ini yaitu 2 bilah dengan diameter
dan pitch 10x5 in yang akan diputar menggunakan motor BLDC dengan nilai
1000KV dan menggunakan baterai Li-Po 3cell dengan kapasitas 2,2Ah. Proses
pengujian dilakukan pada beban 800 gram, 900 gram, 100 gram, dan 1100 gram.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa nilai depth of discharge
(DOD) dan konsumsi daya rata-rata. Nilai Depth of Discharge baterai dan daya
rata-rata yang diperlukan masing masing pengujian yaitu 0,070% dan 68,87 watt
untuk 800 gram, 0,076% , 74,83 watt untuk 900 gram, 0,126% , 120.41 watt
untuk 1000 gram, serta 0,136% dan 136,07 watt untuk 1100 gram. Nilai DOD dan
daya rata-rata yang diperlukan pesawat akan naik seiring dengan bertambahnya
beban pesawat.
Kata kunci: aeromodelling, konsep perancangan pesawat, beban, depth of
discharge, dan konsumsi daya rata-rata

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:24
Last Modified: 24 Jun 2024 03:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18543

Actions (login required)

View Item
View Item