ANALISIS PERILAKU PENGENDARA TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI RUAS JALAN DEPATI, KECAMATAN SELEBAR, KOTA BENGKULU

Dandi, Leonse and Makmun, Reza Razali and Mawardi, Mawardi (2023) ANALISIS PERILAKU PENGENDARA TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI RUAS JALAN DEPATI, KECAMATAN SELEBAR, KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Dokumen dari dandileonsen086 - Dandi Leonsen.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kota Bengkulu adalah salah satu kota terbesar di Pantai Barat Pulau Sumatera
dengan luas wilayah 151,7 km2
. Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari
Kepolisian Resor Kota Bengkulu dari tahun 2017 sampai 2021, ruas Jalan Depati,
Kecamatan Selebar, termasuk penyumbang jumlah kecelakaan yang cukup tinggi
di Kota Bengkulu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperoleh
angka kecepatan berkendara dan perilaku pengendara serta keterkaitan antara
kecepatan kendaraan terhadap perilaku pengendara. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan alat Speed Gun dengan metode distribusi frekuensi, data dari
kusioner online menggunakan metode skala likert dan untuk mengetahui
keterkaitan dari kecepatan kendaraan terhadap perilaku pengendara menggunakan
metode regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data kecepatan
kendaraan yang di survei langsung di lokasi menggunakan alat Speed Gun, dan
data hasil dari kuisioner online untuk mengetahui perilaku pengendara serta
populasi responden laki-laki dan perempuan yang melewati Jalan Depati. Analisis
kecepatan kendaraan yang telah dilakukan, pada arus lalu lintas rendah dan arus
lalu lintas sedang pengendara perempuan lebih disipin saat berkendara dari pada
pengendara laki-laki. Pada Arus lalu lintas tinggi pengendara laki-laki lebih
disipin saat berkendara dari pada pengendara perempuan. Hasil metode regresi
linier berganda dan hipotesis menghasilkan keterkaitan variabel independen
terhadap variabel dependen. Perilaku pengendara yang paling dominan terhadap
kecepatan kendaraan menurut responden yaitu faktor sikap disiplin dengan nilai R
square sebesar 31,2%, faktor kendaraan dengan nilai R square sebesar 27,2% yg
terakhir faktor pengetahuan dengan nilai R square 13,9% dan total R square yang
didapat sebesar 72,3% dikatagorikan kuat.
Kata-kata kunci : Kecepatan kendaraan, Jalan Depati, Perilaku Pengendara

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:58
Last Modified: 27 Jun 2024 01:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18622

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200