ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN SMPN 1 – SAWAH KECAMATAN MUARA PINANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA)

Sherly, Dwi Suentika and Fepy, Supriani and Makmun, Reza Razali (2023) ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN SMPN 1 – SAWAH KECAMATAN MUARA PINANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SHERLY G1B018047 Skripsi - Sherly Dwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Acuan penting bagi pelaksana konstruksi yaitu jadwal pelaksanaan proyek
konstruksi agar tidak terjadi keterlambatan namun keterlambatan pada proyek
konstruksi masih terjadi sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi kontraktor
ataupun pemilik proyek. Salah satu proyek konstruksi yang mengalami
keterlambatan yaitu Proyek Peningkatan Jalan SMPN 1 – Sawah Kecamatan
Muara Pinang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab
keterlambatan dan mengetahui tingkat pengaruh keterlambatan terhadap jadwal
pelaksanaan dengan mencari nilai laju kegagalan dan nilai reliabilities serta
mencari solusi pencegahan untuk mengantisipasi keterlambatan pada proyek
konstruksi lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif yaitu dengan menggunakan form kuisioner yang
selanjutnya dilakukan analisis dengan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan
metode kuantitatif dengan menghitung nilai laju kegagalan dan reliabilities.
Hasil penelitian dengan menggunakan form kuisioner diperoleh penyebab
keterlambatan dari faktor bahan yaitu keterlambatan pengiriman bahan, faktor
manusia atau pekerja yaitu kurangnya ketersediaan tenaga kerja, faktor alat dan
mesin yaitu lokasi tempat perbaikan alat berat yang jauh dan faktor lingkungan
yaitu terjadi hujan dengan intesnitas yang tinggi. Nilai laju kegagalan pekerjaan
perkerasan berbutis lapis pondasi agregat tanpa penutup aspal yaitu 0.1235 dan
nilai reliabilities yaitu 1.13, nilai laju kegagalan pada pekerjaan perkerasan
berbutir lapis pondasi agregat kelas A yaitu 0.1765 dan nilai reliabilities yaitu
1.19, nilai laju kegagalan pekerjaan perkerasan aspal lapis pondasi AC – Base
yaitu 0.1647 dan nilai reliabilities yaitu 1.18, nilai laju kegagalan pekerjaan
perkerasan aspal lapis perekat yaitu 0.3294 dan nilai reliabilities yaitu 1.39, nilai
laju kegagalan pekerjaan perkerasan berbutir lapis pondasi agregat tanpa penutup
aspal yaitu 0.1647 dan nilai reliabilities yaitu 1.18. Solusi pencegahan dari
penelitian yaitu lokasi quarry lebih dekat dengan lokasi, penmabahan jumlah
tenaga kerja, mekanik alat berat tidak jauh dari lokasi dan melakukan sosisalisasi
sebelum melaksanakan pekerjaan.
Kata kunci : Keterlambatan, Proyek Konstruksi, Fault Tree Analysis (FTA),
Laju kegagalan, Reliabilities

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:59
Last Modified: 27 Jun 2024 02:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18635

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200