Jaringan Sosial dalam Jaringan Pemasaran Hasil Ternak Ayam Broiler PT. Mitra Ternak Sejahtera (PT. MTS)

Hagetelate, Rasdah and Purwadi, Eka Tjahjono and Marwan , Arwani (2009) Jaringan Sosial dalam Jaringan Pemasaran Hasil Ternak Ayam Broiler PT. Mitra Ternak Sejahtera (PT. MTS). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of Skripsi Rasdah Hagetelate-2.pdf] Text
Skripsi Rasdah Hagetelate-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk hubungan jaringan sosial
dalam jaringan pemasaran hasil ternak ayam broiler yang terjalin dari perusahaan
(PT.MTS) selaku pihak produsen (penyedia ternak) hingga sampai ke tangan
pedagang pengecer ayam broiler di Pasar Baru Koto II, Pasar Minggu dan Pasar
Panorama Kota Bengkulu. Penelitian di lakukan dari bulan Agustus hingga bulan
September 2009. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis
deskriftif. Analisis hasil penelitian menggunakan Paradigma Prilaku Sosial
dengan mengacu kepada Teori Pertukaran (Exchange) Peter Blau. Hasil penelitian
di lapangan mengindentifikasikan bahwa dalam jaringan pemasaran hasil ternak
ayam broiler terdapat hubungan sosial yang terjalin antar setiap idividu. Fakta di
lapangan menunjukan bahwa hubungan sosial yang mendasari diantaranya:
Pertama, di dalam jaringan pemasaran hasil ternak ayam broiler, PT. MTS
bermitra dengan peternak rakyat dengan pola hubungan Inti-Plasma, hubungan
kemitraan PT.MTS dengan peternak rakyat tidak semata hanya di dasarkan oleh
faktor ekonomi namun terdapat unsur sosial yang mendasarinya, seperti pada
perekrutan anggota peternak rakyat mitra perusahaan juga didasari oleh faktor
kekerabatan dan pertemanan. Kedua, hubungan kerjasama antara perusahaan
PT.MTS dengan broker, pihak perusahaan bekerjasama dengan broker yang
menguasi pasar yang di dasari oleh hubungan yang bukan semata karena alasan
ekonomi, akan tetapi juga hubungan sosial seperti kekerabatan dan pertemanan
serta dasar hubungan kepercayaan yang diperoleh melalui proses tertentu. Ketiga :
para broker dalam menyalurkan hasil ternak yang di peroleh dari PT.MTS hingga
sampai kepada pedagang pengecer ayam broiler di Pasar juga di dasari oleh
hubungan sosial, para broker lebih mementingkan dan mendahulukan ikatan
kekerabatan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 23 Nov 2013 11:23
Last Modified: 23 Nov 2013 11:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200