ANALISIS KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN BAHASA INDONESIA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS IV SDN 10 IMIGRASI PERMU KABUPATEN KEPAHIANG

Nugraha, Alamsyah Yudha and Abdul, Muktadir and Pebrian, Tarmizi (2022) ANALISIS KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN BAHASA INDONESIA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS IV SDN 10 IMIGRASI PERMU KABUPATEN KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Alamsyah Yudha Nugraha A1G015061 [SKRIPSI].pdf] Text
Alamsyah Yudha Nugraha A1G015061 [SKRIPSI].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah analisis kerja sama guru dan orang tua dalam
pengelolaan pembelajaran tematik bermuatan Bahasa Indonesia selama
pembelajaran daring kelas IV SDN 10 Imigrasi Permu Kabupaten Kepahiang.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang
menjadi sasaran dalam penelitian ini khususnya adalah orang tua, guru kelas IV
dan siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 10 Kepahiang. Hasil penelitian ini
adalah sebagai berikut : Guru berusaha mengembangkan RPP Bahasa Indonensia
secara daring yang memungkinkan untuk dilaksanakan di masa Pandemi Covid-
19; media yang digunakan guru bermacam-macam, seperti: benda konkret, video
pembelajaran, gambar, dan poster. Pelaksanaan pembelajaran daring dilihat dari
kesiapan mental dan konsistensi dalam mengajar kreatif dan inovatif; dan
kesiapan fisik berupa perangkat pembelajaran; metode yang digunakan guru
dalam pembelajaran daring adalah metode kombinasi dengan tatap muka daring
dengan penugasan. Guru mengontrol/memantau kegiatan pembelajaran, guru
sudah melaksanakan tugasnya dalam mengontrol/memantau proses pembelajaran
siswa. Kontrol/pemantauan tersebut dilakukan baik secara daring maupun luring.
Kontrol daring dilakukan melalui Zoom Meeting dan WhatsApp, sedangkan
kontrol luring dilakukan dengan memanggil siswa ke sekolah. Kerja sama antara
guru dan orang tua, dapat terwujud dalam tiga indikator yaitu: Dalam kegiatan
mengenai parenting, orang tua/wali siswa cenderung kurang aktif melibatkan diri
hal ini terlihat dari hanya 40% orang tua yang menghadiri acara yang diadakan
oleh sekolah. Orang tua/wali siswa relative mendukung keterlaksanaan acara,
akan tetapi hanya sebagian kecil yang ikut terlibat aktif dalam acara. Hal ini
karena kesibukan pekerjaan orang tua/wali. Komunikasi baik formal maupun non
formal telah dibangun orang guru dan orang tua/wali untuk kelancaran belajar
siswa. Berbanding terbalik untuk tingkat keterlibatan orang tua menjadi volunteer
cenderung rendah.
Kata kunci: Kerja Sama, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran
Daring

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:20
Last Modified: 15 Jul 2024 08:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18987

Actions (login required)

View Item
View Item