STUDI DESKRIPTIF PROSES IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS IV SDN 3 REJANG LEBONG BENGKULU

Agustiandi,, Ilham Rizki and Lukman, Lukman and Resnani, Resnani (2022) STUDI DESKRIPTIF PROSES IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS IV SDN 3 REJANG LEBONG BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi IlhamRizki A. (A1G017016).pdf] Text
skripsi IlhamRizki A. (A1G017016).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi Pendidikan
Agama Islam (PAI) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Rejang Lebong.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. teknik keabsahan data
yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa, dalam proses perencanaan guru telah merancang RPP yang
sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, namun belum mencantumkan
materi pokok dan instrumen penilaian keterampilan. Pada kegiatan pendahuluan
guru telah menyiapkan siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran, namun
guru belum mengaitkan pembelajaran sebelumnya. Pada kegiatan inti guru telah
menerapkan pendekatan Scientific, yaitu kegiatan mengamati, menanya, mencoba,
mengolah data, dan mengkomunikasikan. Pada kegiatan penutup guru telah
memberikan refleksi dan mengevaluasi pembelajaran. Pada kegiatan evaluasi guru
telah menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kesimpulan penelitian ini
adalah terdapat kelebihan dan kekurangan dalam proses pelaksanaan PAI di
Sekolah Dasar Negeri 3 Rejang Lebong.
Kata Kunci: Implementasi, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, PAI

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:06
Last Modified: 18 Jul 2024 02:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19016

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200