Herleni, Kartika and Victoria, Karjiyati and Irfan, Supriatna (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DANHASIL BELAJAR SISWA (PTK Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN 32 Bengkulu Selatan). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_KartikaHerleni_013.pdf [thumbnail of SKRIPSI_KartikaHerleni_013.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_KartikaHerleni_013.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model
Discovery Learning, menganalisis motivasi dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik kelas III SDN 32 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini
penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini
guru dan siswa kelas III SDN 32 Bengkulu Selatan. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu lembar observasi, lembar tes dan angket. Teknik analisis data
observasi dan angket menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor
terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data hasil belajar
siswa menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil rata-rata
motivasi belajar siswa siklus I kategori baik meningkat pada siklus II yaitu dengan
kategori sangat baik. Sejalan dengan itu, rata-rata hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I memperoleh kategori baik meningkat menjadi sangat
baik pada siklus II. Kesimpulan penerapan model Discovery Learning pada
pembelajaran Tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas
III SDN 32 Bengkulu Selatan.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 08:31 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19051 |