Berninda, Chrisma and Lisa, Martiah Nila Puspita and Fitrawati, Ilyas (2021) PENGARUH SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) (STUDI PERSEPSI MANAJER PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI CHRISMA BERNINDA C1C017119.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Persaingan bisnis jasa pengiriman barang yang semakin ketat ini
mengharuskan perusahaan mempersiapkan diri sebaik mungkin jika masih ingin
mempertahankan eksistensi dalam persaingan antar perusahaan lainnya. Oleh
karena itu, perusahaan perlu mengutamakan konsistensi melalui pengembangan
suatu sistem yang dapat mendukung kinerja para pekerjanya yaitu salah satunya
penerapan Total Quality Management (TQM). Penerapan TQM di perusahaan
dapat memberikan berbagai kegunaan utama sehingga dapat meningkatnya laba
dan daya saing. Penerapan TQM harus disertai dengan penerapan komplemen
komplemen dari sistem akuntansi manajemen yaitu sistem pengukuran kinerja dan
sistem penghargaan. Sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan
merupakan alat pengendalian yang penting bagi perusahaan untuk memotivasi
karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan harapan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem pengukuran kinerja
dan sistem penghargaan terhadap efektivitas penerapan Total Quality
Management (TQM). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan jasa pengiriman
barang di Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling
jenuh atau sensus. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang
diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada top manajer perusahaan jasa
pengiriman barang di Kota Bengkulu dengan sampel sebanyak 30 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sistem pengukuran kinerja
berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas penerapan Total Quality
Management (TQM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik atau
meningkatnya sistem pengukuran kinerja maka memberikan kebaikkan terhadap
efektivitas penerapan TQM dan jika efektivitas penerapan TQM semakin baik
maka akan memberikan kepuasan kepada konsumen atau pelanggan. (2) Sistem
penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas penerapan
Total Quality Management (TQM).
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:38 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19077 |