Dewi, Marina Santika and Lukman, Lukman and Herman, Lusa (2022) STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN MODEL AKTUALISASI DI SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Marina Santika Dewi - A1G018076 - PGSD .pdf [thumbnail of Marina Santika Dewi - A1G018076 - PGSD .pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Marina Santika Dewi - A1G018076 - PGSD .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan kepramukaan
model aktualisasi dan faktor yang mendukung pelaksanaan pendidikan
kepramukaan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif dengan
Metode Penelitian yaitu Penelitian Kualitatif. Subjek penelitian Kepala Sekolah,
guru, dan pembina pramuka, dan pelaksanaan pendidikan kepramukaan model
aktualisasi, serta sarana dan prasarana. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan
model aktualisasi di kelas 4,5, dan 6. Instrumen penelitian ini menggunakan
pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis melalui Data Collection, Data Display, Data Condensation, Conclusion
Drawing/Verification. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pendidikan
kepramukaan dan faktor pendukung pelaksanaan pendidikan kepramukaam.
Pelaksanaan meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi. Perencanaan meliputi
identitas rencana membina, materi pembelajaran. Proses terdiri dari kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup. Faktor pendukung pelaksanaan meliputi pengelola
kegiatan ekstrakulikuler, dan daya dukung keterlaksanaan. Pengelola kegiatan
meliputi kompetensi kepala sekolah, guru, dan pembina pramuka. Daya dukung
keterlaksanaan pendidikan kepramukaan meliputi pengembangan dsan
penyegaran kompetensi pengelola, pemenuhan sumber belajar, dukungan biaya,
dan pemenuhan sarana dan prasarana. Kesimpulan pelaksanaan pendidikan
kepramukaan sudah berjalan tetapi belum mengaitkan ke dalam KI dan KD dalam
mata pelajaran, kompetensi yang dimiliki kamabigus, guru kelas, dan pembina
pramuka sudah sesuai dengan Panduan ekstrakulikuler pendidikan kepramukaan,
dan sarana dan prasarana yang sudah lengkap tetapi harus ditambah untuk
menunjang pelaksanaan pendidikan kepramukaan lebih baik lagi.
Kata kunci : Pendidikan Kepramukaan, Model Aktualisasi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:38 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19088 |