Nadia, Mimfaz Afanin and Irnad, Irnad and Sriyoto, Sriyoto (2022) ANALISIS NILAI TAMBAH, EFISIENSI DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN UBI KAYU PADA KELOMPOK TANI SUNGAI SUCI DI DESA PASAR PEDATI BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
NADIA MIMFAZ AFANIN_E1D018081_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar nilai tambah dan tingkat
efisiensi produksi produk olahan ubi kayu. Tujuan lain pada penelitian ini untuk
menganalisis pemasaran (distribusi produk, saluran pemasaran, margin, producer’s share
dan efisiensi pemasaran) pada produk olahan ubi kayu kelompok tani Sungai Suci di Desa
Pasar Pedati Kabupaten Bengkulu Tengah dan melihat bagaimana sistem pemasaran
olahan ubi kayu pada kelompok tani sungai suci di Desa Pasar Pedati Bengkulu Tengah.
Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (Purposive) yaitu di terletak di Desa
Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Waktu penelitian
dilakukan pada bulan Juni 2022. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan
tiga metode teknik sampling yaitu sensus, purposive dan snowball sampling. Responden
yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian pertama yaitu sebanyak 24 orang
anggota kelompok tani, adapun yang menjadi responden untuk menjawab tujuan kedua
merupakan ketua dan anggota kelompok tani sungai suci yang menjadi perwakilan untuk
dilakukannya wawancara sebagai sumber data penelitian dengan anggapan bahwa
responden mampu menggambarkan keadaan dilapangan. Tujuan ketiga membutuhkan 2
responden yaitu pedagang pengecer produk olahan ubi kayu. Data yang digunakan data
primer dan sekunder. Metode analisa dalam penelitian ini analisis kuantitatif meliputi nilai
tambah, biaya, penerimaan, margin dan efisiensi dan analisa deskriptif digunakan untuk
menganalisa saluran pemasaran dan data yang bersifat kuantitatif yaitu menggambarkan
penerimaan, penggunaan biaya, situasi dan kondisi sesuai dengan kondisi lapangan.
Hasil besaran nilai tambah dari olahan produk ubi kayu dengan cara menghitung
input bahan baku, input tenaga kerja, input lainnya, harga input, harga produk dan harga
produksi dalam sekali produksi yang dimasukkan ke dalam rumus analisa nilai tambah
menurut hayami. Perolehan hasil nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan opak ubi
kayu sebesar Rp3.953/kg dengan rasio nilai tambah sebesar 53%. Nilai tambah yang
diperoleh dari pengolahan rengginang ubi dalam satu kilogram yakni sebesar Rp.4.703/kg
dengan rasio sebesar 59%. Perolehan nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan tepung
mocaf dalam satu kilogram yakni sebesar Rp2.441/kg dengan rasio sebesar 49%.
Data yang diperlukan untuk mencapai tujuan kedua yaitu mengetahui efisiensi
produksi pada pengolahan produk ubi kayu maka diperlukan untuk mengidentifikasi
besarnya biaya tetap, biaya variabel dan penerimaan dalam jangka waktu satu bulan. Alat
analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis efisiensi R/C ratio. Efisiensi
produk ubi kayu Kelompok Tani Sungai Suci, Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok
Kelapa dibagi menjadi tiga yaitu, nilai R/C produk opak ubi kayu diperoleh sebesar 1,71,
nilai R/C produk rengginang ubi kayu diperoleh sebesar 1,90, nilai R/C produk Tepung
mocaf diperoleh sebesar 1,63. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan produksi
opak, rengginang dan tepung mocaf Kelompok Tani Sungai Suci, Desa Pasar Pedati,
Kecamatan Pondok Kelapa dikatakan layak dan efisien untuk diusahakan.
Tujuan ketiga untuk mengetahui sistem pemasaran ketiga produk olahan ubi kayu
yaitu (opak, rengginang dan tepung mocaf) perhitungan yang dilakukan menggunakan
analisa saluran pemasaran, margin, producer’s share dan efisiensi pemasaran. Terdapat
dua saluran pemasaran yakni; Produsen (Kelompok tani) - Konsumen akhir (opak,
rengginang tepung mocaf), Produsen (Kelompok tani) - Pedagang Pengecer - Konsumen
(opak dan rengginang). Nilai margin pemasaran dan margin keuntungan yang didapatkan
sebesar saluran I (opak dan rengginang) yaitu sebesar Rp5.000/kg dan Rp. 4.013/kg. Nilai
Producer’s share pemasaran I olahan opak dan rengginang yaitu sebesar Rp. 83,33% dan
80,00%. Saluran pemasaran yang dimiliki oleh produk olahan opak dan rengginang
dikatakan efisien dengan nilai sebesar 3,95 untuk saluran pemasaran opak dan 4,94 untuk
saluran pemasaran rengginang.
Kata Kunci : Nilai Tambah, Efisiensi, Pemasaran, Olahan Ubi Kayu
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 02:54 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 03:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19123 |