Kurniani, Silvia and Bambang, Parmadie and Irfan, Supriatna (2022) IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI SISWA KELAS V SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI PGSD SILVIA KURNIANI A1G017095.pdf [thumbnail of SKRIPSI PGSD SILVIA KURNIANI A1G017095.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PGSD SILVIA KURNIANI A1G017095.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk implementasi karakter religius dan toleransi siswa
kelas V di SD Negeri 71 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian yang
bersifat Kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa, Guru PAI serta Guru
Kelas V. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi
dengan teknik keabsahan data melalui triangulasi dan member check. Teknik
analisis data: pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan
dokumentasi, reduksi adalah proses merangkum. Hasil penelitian ini adalah (1)
terdapat beberapa siswa tidak mengikuti kegitan berdoa sebelum dan sesudah
pembelajaran, sholat dzuhur berjamaah, berpakaian yang sopan dan menutup aurat
dan melakukan infak dengan baik dan sesuai peraturan sekolah serta sarana
tempat ibadah yang kurang untuk menampung jumlah siswa untuk melakukan
sholat berjamaah. (2) terdapat beberapa siswa yang enggan berpedapat karena
malu dan takut di tertawakan temannya dan diskusi merupakan sarana
pembelajaran siswa untuk memperoleh pemahaman dan cara menyelesaikan
masalah. Kesimpulan. Implementasi karakter religius siswa kelas V SD Negeri 71
Kota Bengkulu hanya indikator melakukan infak yang sudah berjalan secara
optimal sedangkan indikator berdoa sebelum dan sesudah belajar, melaksanakan
shalat berjamaah dan berpakaian sopan dan menutup aurat belum berjalan secara
optimal. Implementasi karakter toleransi siswa kelas V SD Negeri 71 Kota
Bengkulu hanya indikator bekerjasama dengan teman yang berbeda agama, suku
ras dan etnis dalam kegiatan dikelas maupun disekolah yang sudah terlaksana
secara optimal, sedangkan indikator menjaga hak teman yang berbeda agama
untuk melaksanakan ajaran agama dan menghargai pendapat yang berbeda
sebagai sesuatu yang insani belum terlaksana secara optimal.
Kata Kunci : Implementasi, Karakter Religius, dan Karakter Toleransi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19140 |