Anggraini, Suci and Victoria, Karjiyati and Irfan, Supriatna (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 32 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SUCI ANGGRAINI_A1G017100_SKRIPSI...pdf [thumbnail of SUCI ANGGRAINI_A1G017100_SKRIPSI...pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SUCI ANGGRAINI_A1G017100_SKRIPSI...pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model discovery
learning, meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Tematik
dengan menerapkan model discovery learning, meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajaran Tematik kelas V SDN 32 Bengkulu Selatan. Metode yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap
yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam
dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hal ini dapat dilihat dari
langkah-langkah model discovery learning yaitu: stimulasi, identifikasi masalah,
pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan,
sehingga dapat dilihat peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
(2) Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I nilai rata-rata 39,75 dengan
kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 60,5 dengan
kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 40
dengan kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 59,25
dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik
siklus I mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata 71,66 dengan ketuntasan
klasikal 58,33% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,75 dengan
ketuntasan klasikal 91,66%. Pada mata pelajaran IPA pada siklus I nilai rata-rata
70 dengan ketuntasan klasikal 50% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata
81,25 dengan ketuntasan klasikal 91,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik.
Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Aktivitas Belajar,
Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 08:38 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 08:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19144 |