PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 32 BENGKULU SELATAN

Anggraini, Suci and Victoria, Karjiyati and Irfan, Supriatna (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 32 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SUCI ANGGRAINI_A1G017100_SKRIPSI...pdf] Text
SUCI ANGGRAINI_A1G017100_SKRIPSI...pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model discovery
learning, meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Tematik
dengan menerapkan model discovery learning, meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajaran Tematik kelas V SDN 32 Bengkulu Selatan. Metode yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap
yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam
dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hal ini dapat dilihat dari
langkah-langkah model discovery learning yaitu: stimulasi, identifikasi masalah,
pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan,
sehingga dapat dilihat peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
(2) Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I nilai rata-rata 39,75 dengan
kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 60,5 dengan
kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 40
dengan kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 59,25
dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik
siklus I mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata 71,66 dengan ketuntasan
klasikal 58,33% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,75 dengan
ketuntasan klasikal 91,66%. Pada mata pelajaran IPA pada siklus I nilai rata-rata
70 dengan ketuntasan klasikal 50% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata
81,25 dengan ketuntasan klasikal 91,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik.
Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Aktivitas Belajar,
Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:38
Last Modified: 24 Jul 2024 08:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19144

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini