Indriani, Vira and Pebrian, Tarmizi and Feri, Noperman (2022) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBATUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK di Kelas IV SDN 71 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_VIRA INDRIANI_A1G018085.pdf [thumbnail of SKRIPSI_VIRA INDRIANI_A1G018085.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_VIRA INDRIANI_A1G018085.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
pada pembelajaran Tematik kelas IV A SDN 71 Kota Bengkulu dengan
menerapkan model cooperative learning tipe numbered heads together
berbantuan multimedia. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV A
SDN 71 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar
tes. Teknik analisis data hasil observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data
tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar
klasikal. Penerapan model NHT pada setiap siklus sudah terlaksana namun pada
siklus I masih belum optimal sehingga diperbaiki pada siklus II. Hasil aktivitas
siswa siklus I dengan rata-rata skor 21, meningkat pada siklus II menjadi rata-rata
skor 38. Aspek sikap pada siklus I aspek teliti sebesar 40,74 meningkat pada
siklus II sebesar 88,88%. Aspek cermat sebesar 33,33% meningkat pada siklus II
sebesar 92,59%. Dan aspek percaya diri sebesar 44,44% meningkat pada siklus II
sebesar 85,18%. Aspek pengetahuan siklus I, mata pelajaran Bahasa Indonesia
rata-rata kelas sebesar 61,48 dengan ketuntasan belajar klasikal 40,74%,
meningkat pada siklus II rata-rata kelas 84,96 dengan ketuntasan belajar klasikal
92,59%. Mata pelajaran IPA pada siklus I rata-rata kelas sebesar 53,33 dengan
ketuntasan belajar klasikal 37,03% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas
sebesar 85,07 dengan ketuntasan belajar klasikal 88,88%. Aspek keterampilan
pada siklus I aspek menyampaikan sebesar 44,44% meningkat pada siklus II
sebesar 88,88%. Dan aspek keterampilan mendemonstrasikan sebesar 51,85%
meningkat pada siklus II sebesar 92,59%. Dengan demikian penerapan model
cooperative learning tipe numbered heads together berbantuan multimedia dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Kelas
IV.A SDN 71 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Numbered Heads Together, Multimedia, Hasil Belajar, Tematik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 09:12 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 09:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19145 |