Agustiyan, Muhammad and Victoria, Karjiyati and Irfan, Supriatna (2022) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![1.MUHAMMAD AGUSTIYAN SKRIPSI (A1G018025).pdf [thumbnail of 1.MUHAMMAD AGUSTIYAN SKRIPSI (A1G018025).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1.MUHAMMAD AGUSTIYAN SKRIPSI (A1G018025).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas IV A SD Negeri 08
Kepahiang dalam pembelajaran matematika. Pendekatan dan jenis penelitian yang
digunakan adalah deksriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV A.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Uji kredibilitas data menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: (1) sebagai sumber belajar, guru belum maksimal dalam melakukan
perannya, karena hanya memiliki dua buku sebagai bahan referensi, belum
menyediakan bahan pengayaan, kurang maksimal dalam melakukan membuka dan
menutup pembelajaran, belum melakukan pembelajaran kelompok kecil. Namun
guru sudah melakukan pemetaan materi, sudah melakukan keterampilan bertanya
dan menjelaskan dengan maksmimal, guru juga sudah menanamkan nilai dan norma.
(2) sebagai fasilitator, guru belum maksimal menjalankan perannya, karena kurang
mempersiapkan perangkat pembelajaran, belum mampu merancang dan
menggorganisasikan suatu media. Namun guru sudah mampu berkomunikasi dan
berinteraksi dengan siswa secara efektif. (3) sebagai motivator, guru telah
membangkitkan minat siswa, memberikan pujian terhadap capaian atau keberhasilan
siswa, guru sudah memberikan nasehat terhadap siswa yang belum berhasil, guru
memberikan komentar atau penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa, guru
menciptakan kompetisi atau persaingan yang sehat, dan guru juga selalu
menanamkan sikap optimis kepada siswa. Namun guru belum menggunakan model
dan metode yang bervariasi dalam meningkatkan minat belajar siswa, dan guru
menggunakan penguatan negatif berupa hukuman. Maka dapat disimpulkan peran
guru sebagai sumber belajar, fasilitator, dan motivator sudah sudah terlaksana namun
belum maksimal.
Kata Kunci: Studi Deskriptif, Peran Guru, Pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19155 |