Angelia Tambunan, Duma and Baihaqi, Baihaqi and Pratana, P. Midiastuti (2021) PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, DAN KONDISI EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris terhadap Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2017-2019). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI DUMA C1C017094 CETAK 3.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan atau memperoleh laba
selama periode tertentu dengan menggunakan aktiva yang produktif atau modal, baik modal secara
keseluruhan maupun modal sendiri dengan memperhatikan faktor internal dan eksternal pertumbuhan
perusahaan, karena pertumbuhan yang baik memberi tanda bagi perkembangan perusahaan dengan
peningkatan profitabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh peluang pertumbuhan
(growth opportunity) dan kondisi ekonomi terhadap profitabilitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan
dua variabel independen yaitu growth opportunity dan kondisi ekonomi yang diproksi dengan variabel
pertumbuhan GDP.
Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub-sektor makanan dan minuman di
BEI tahun 2017-2019. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 perusahaan dengan jumlah
observasi sebanyak 60. Metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data keuangan www.idx.co.id
dan Badan Pusat Statistik (BPS). Analisis data dilakukan dengan analisis linear berganda menggunakan
program SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: variabel independen berupa faktor internal perusahaan
yang dilihat dari growth opportunity dan kondisi ekonomi yang diproksikan dengan pertumbuhan GDP
sebagai faktor makro perusahaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap profitabilitas (ROA)
perusahaan.
Implikasi pada hasil penelitian menunjukkan bahwa growth opportunity perusahaan sejalan
dengan teori sinyal yaitu agar perusahaan dapat memberikan informasi mengenai rasio keuangan yang
merupakan hasil kinerja perusahaan, bukan laba yang dirancang dan memungkinkan pihak eksternal
untuk lebih percaya pada laba yang dilaporkan perusahaan dalam laporan keuangannya.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 03:44 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 03:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19163 |