Sani Lubis, Mutiara and Halimatusyadiah, Halimatusyadiah and E. Novita, Sari (2021) PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DOSEN (Studi Empiris pada Dosen Akuntansi Perempuan di Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Mutiara Sani Lubis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Dosen merupakan salah satu komponen yang paling menentukan dalam
proses transfer pengetahuan di perguruan tinggi. Pendidikan yang akan
membentuk calon akuntan yang berkualitas dapat tercipta dari dosen akuntansi
yang berkualitas. Salah satu kunci dalam keberhasilan kinerja dosen ialah dengan
memiliki kompetensi yang baik. Oleh karena itu, dosen akuntansi dituntut untuk
meningkatkan kompetensinya sehingga kualitas kerja dapat meningkat.
Sebagaimana yang disyaratkan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), dosen
akuntansi harus mampu melakukan transfer of knowledge atau alih pengetahuan
perihal akuntansi kepada mahasiswa, mampu menguasai pengetahuan tentang
bisnis dan akuntansi, serta mampu mengembangkan pengetahuan yang ia dimiliki
dengan melakukan penelitian.
Di dalam penelitian ini variabel yang digunakan yaitu kinerja dosen, work
family conflict, dan motivasi. Teori yang digunakan yaitu behavior constraint
theory yang dikemukakan oleh Fisher (1984) yang berpendapat bahwa stimulasi
yang berlebih atau tidak diinginkan yang akan mendorong terjadinya hambatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini
mengumpulkan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner. Kuisioner
disebarkan kepada dosen akuntansi perempuan di seluruh Perguruaan Tinggi di
Kota Bengkulu. Untuk menentukan sampel menggunakan metode sampel jenuh
atau sensus. Kriteria yang ditentukan adalah dosen akuntansi perempuan yang
sudah menikah. Jumlah kuisioner yang disebarkan yaitu sebanyak 34 kuisioner,
tetapi hanya 31 kuisioner yang dapat digunakan. Data dianalisis dengan
menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS
Statistic.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan work-family conflict dan
motivasi terhadap kinerja dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) work
family conflict berpengaruh negatif terhadap kinerja dosen, dan (2) motivasi
berpengaruh positif terhadap kinerja dosen. Secara praktis, penelitian ini
diharapkan memberikan pengetahuan dalam menciptakan kebijakan dan
lingkungan kerja yang mendukung bagi dosen perempuan, serta pemberian
motivasi yang efektif dalam meningkatkan kinerja dosen.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 09:23 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 09:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19192 |