STUDI KASUS IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN MODEL AKTUALISASI DI SDIT AL-HASANAH KOTA BENGKULU

Oktarina, Apipah and Lukman, Lukman and Pebrian, Tarmizi (2022) STUDI KASUS IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN MODEL AKTUALISASI DI SDIT AL-HASANAH KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Apipah Oktarina Skripsi.pdf] Text
Apipah Oktarina Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan
kurikulum 2013 model aktualisasi di Sekolah Dasar Islam Terpadu SDIT Al-Hasanah
Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, studi kasus. Subjek
penelitian kepala sekolah sebagai Kamabigus, guru kelas, pembina pramuka, dan
peserta didik. Instrumen penelitian adalah pedoman observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi,
dan triangulasi sumber dan triangulasi teknik . Data yang diperoleh dianalisis melalui
Data Collection, Data Reduction, Data Display, Counclusion Drawing/ Verification.
Hasil pelaksanaan pendidikan kepramukaan meliputi perencanaan, pelaksaan, dan
evaluasi yang sudah terjadwal pada hari Selasa pukul 12.45 untuk kelas 1,2,3 dan
hari Jum’at pukul 12.45 WIB untuk kelas tinggi 4,5,6. Faktor yang mendukung
pelaksanaan meliputi pengelola kegiatan ekstrakulikuler, dan daya dukung
keterlaksanaan. Pengelola kegiatan meliputi kompetensi kepala sekolah, guru, dan
pembina pramuka. Daya dukung keterlaksanaan pendidikan kepramukaan meliputi
pengembangan dan penyegaran kompetensi pengelola, pemenuhan sumber belajar,
dukungan biaya, dan pemenuhan sarana dan prasarana. Kesimpulan penelitian
pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan model aktualisasi di SDIT Al-Hasanah Kota
Bengkulu sudah diterapkan, dan telah dilakukan pelaksanaa pendidikan Kepramukaan
sesuai dengan kurikulum 2013 serta sudah mengaktualisasikan Kompetensi Inti KI 1,
KI 2 dan KI 3 serta Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran walaupun belum
sempurna.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Pendidikan Kepramukaan, Model Aktualisasi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:44
Last Modified: 30 Jul 2024 04:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19235

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200