PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 8 KOTA BENGKULU

Lestari, Rika and Pebrian, Tarmizi and Irfan, Supriatna (2022) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 8 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of RIKA LESTARI PGSD UNIB 2018.pdf] Text
RIKA LESTARI PGSD UNIB 2018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran
tematik tema 7 subtema 1 dan tema 7 subtema 2 melalui penerapan model Think
Pair Share pada siswa kelas V SDN 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada
siswa kelas V yang terdiri dari 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15
siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah
menggunakan tes, data tes dianalisis menggunakan rumus nilai rata-rata dan
persentase pembelajaran klasikal. Pada siklus I prestasi belajar pembelajaran
bahasa Indonesia nilai rata-rata kelas 70,17 dengan ketuntasan belajar klasikal
53,37%, pada siklus II peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia meningkat
rata-rata 78,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 82, 14%. Mata pelajaran SBdP
pada siklus I memiliki nilai rata-rata 72,85 dengan ketuntasan belajar 50%, pada
siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar SBdP sebesar 78,21 dengan
ketuntasan belajar 85,71% Dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V
SDN 8 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model Think Pair Share, Pembelajaran Kooperatif, Prestasi
Belajar, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:55
Last Modified: 01 Aug 2024 03:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19295

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200