Setiati, Try Nurhusni and Pebrian, Tarmizi and Irfan, Supriatna (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 133 SELUMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPI TRY UNTUK KASET.pdf [thumbnail of SKRIPI TRY UNTUK KASET.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPI TRY UNTUK KASET.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa
kelas IV SDN 133 Seluma pada pembelajaran tematik deng an menerapkan model
kooperatif tipe Make a Match berbantuan media ICT. Jenis penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV dan guru SDN 133 Seluma. Instrumen pe nelitian berupa lembar
observasi dan lembar tes. Teknis analisis data observasi menggunakan rumus nilai
rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk
setiap kriteria. Data prestasi belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan
rumus rata-rata dan presentase ketuntasan belajar. Hasil dari penelitian aktivitas
belajar siswa dengan menerapkan model Kooperatif tipe Make a Match siklus I
diperoleh skor 34 dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus
II dengan skor 51 yang termasuk kriteria baik. Hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik siklus I mata pelajaran SBdP nilai rata-rata kelas sebesar
69,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 60,60% mengalami peningkatan yang
sangat baik pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,12 dan ketuntasan belajar
klasikal 87,87%. Sedangkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I
dengan nilai rata-rata 63,63 dan ketuntasan belajar klasikal 57,57%, mengalami
peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,39 dan ketuntasan belajar
81,81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match berbantuan media ICT dapat
mengingkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN 133 Seluma
pada pembelajaran tematik.
Kata kuci: Model Kooperatif Tipe Make a Match, Aktivitas, Prestasi Belajar,
Pembelajran Tematik, ICT
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:58 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19296 |