Geofani, Benni and Dwi, Anggraini and Pebrian, Tarmizi (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FOCUSKY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI BENNI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran aplikasi focusky terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik
kelas IV di SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain dalam
penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh SDN Gugus IX Kota Bengkulu yang menerapkan
Kurikulum 2013 terdiri dari 4 SD yaitu SDN 20, SDN 82, SDN 73, dan SDN 106
Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random
sampling sehingga diperoleh kelas IV SD Negeri 81 Kota Bengkulu sebagai kelas
eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas IV SD Negeri 82 Kota Bengkulu
sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa, dan kelas V SD Negeri 61 Kota
Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen berjumlah 26 siswa. Instrumen
penelitian berupa lembar tes yang berjumlah 10 butir soal dengan bentuk soal
uraian. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan
Equal Variences Assumed = 4,524 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 serta
nilai distribusi ttabel adalah 2,015. Sehingga thitung> ttabel (4,524 > 2,015) dan Sig.(2-
tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran aplikasi focusky
terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Gugus IX
Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Media Pembelajaran, Focusky, dan
Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:19 |
| Last Modified: | 01 Aug 2024 04:19 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19303 |

