Diwi, Dahliana and Dalifa, Dalifa and Herman, Lusa (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN (SISWA KELAS V SDN 104 BENGKULU SELATAN). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Dahliana Diwi.pdf [thumbnail of Skripsi Dahliana Diwi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Dahliana Diwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan sikap
peduli lingkungan siswa kelas V SDN 104 Bengkulu Selatan dengan Menerapkan
Model PBL pada pembelajaran Tematik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) yang dilakukan dalam 2
siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Instrument yang
digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru, lembar observasi
sikap peduli lingkungan dan lembar tes. data hasil belajar yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada indikator ketercapaian. Dari
analisis data menunjukan pada siklus 1 diperoleh skor lembar observasi guru
sebesar 24 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor lembar observasi siswa
sebesar 23,5 dengan kriteria cukup, pada siklus 2 rata-rata skor lembar observasi
guru meningkat menjadi 31,5 dengan kategori baik dan rata rata skor lembar
observasi siswa meningkat menjadi 30 dengan kategori baik. Hasil belajar tematik
siswa pada siklus 1 rata-rata kelas Mapel Bahasa Indonesia sebesar 70,7 dengan
ketuntasan klasikal 57% dan rata-rata kelas mapel IPA sebesar 70 dengan
ketuntasan klasikal 50%. Kemudian pada siklus 2 rata-rata hasil belajar Mapel
Bahasa Indonesia meningkat menjadi 80,7 dengan ketuntasan klasikal 85% dan
rata-rata Mapel IPA menjadi 81,4 dengan ketuntasan klasikla sebesar 80%. Pada
lembar observasi sikap peduli lingkungan siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata
skor sebesar 19 dengan kategori cukup dan meningkat di siklus 2 menjadi 26
dengan kategori baik Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Tematik dapat
meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar dan Sikap Peduli Lingkungan khususnya
siswa kelas V SDN 104 Bengkulu Selatan.
Kata kunci: Tematik, PBL, Aktivitas, Hasil Belajar, Sikap Peduli Lingkungan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:22 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19305 |