Marlinda, Dina and Victoria, Karjiyati and Irfan, Supriatna (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS IV A SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Dina Marlinda A1G018113.pdf [thumbnail of Skripsi Dina Marlinda A1G018113.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Dina Marlinda A1G018113.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantuan media
audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
4 SDN 17 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa
kelas 4 SDN 17 Kota Bengkulu. Instrumen penilaian berupa lembar
observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus
rata-rata dan presentase kentuntasan belajar klasikal. Data hasil
observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi,
skor terendah, selisih skor dan kisaran skor untuk tiap kriteria. Hasil
rata-rata aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor pada kriteria
baik (B) dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor pada
kriteria sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh
skor pada kriteria baik (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II
dengan memperoleh skor pada kriteria sangat baik (SB). Sedangkan
untuk hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I rata-rata
hasil belajar siswa pada kriteria cukup (C) dengan ketuntasan belajar
klasikal pada kriteria cukup (C), kemudian mengalami peningkatan
pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa
pada kriteria baik (B) dengan ketuntasan belajar klasikal pada kriteria
baik (B). Hasil belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I
memperoleh skor pada kriteria baik (B) mengalami peningkatan pada
siklus II dengan memperoleh skor pada kriteria sangat baik (SB).
Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran matematika realistik berbantuan media audio
visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : PMR, Media Audio Visual, Aktivitas Pembelajaran, Hasil
Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:40 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19306 |