INTERNALISASI NILAI KEBERANIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS 5 SD NEGERI 08 KOTA BENGKULU

Sari, Epita and Lukman, Lukman and Irfan, Supriatna (2022) INTERNALISASI NILAI KEBERANIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS 5 SD NEGERI 08 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI EPITA SARI .pdf] Text
SKRIPSI EPITA SARI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Nilai keberanian merupakan nilai yang terdapat pada salah satu butir dari
Dasadarma Pramuka kedelapan. Nilai keberanian tidak hanya wajib ditanamkan
oleh Pembina Pramuka pada kegiatan ekstrakulikuler kepramukaan saja, tetapi
guru kelas juga wajib untuk menanamkan nilai keberanian pada proses
pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
proses internalisasi nilai keberanian yang dilakukan oleh guru pada proses
pembelajaran dan sikap siswa setelah adanya pendidikan dan penanaman nilai
keberanian yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pembina
Pramuka, Guru kelas 5C dan juga Siswa kelas 5C. Teknik pengumpulan data yang
dipakai yiatu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Uji kredibilitas data yang
digunakan yaitu triangulasi dan member check.Analisis data dilakukan melalui
reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini
yaitu Guru kelas 5C menginternalisaskan nilai keberanian melalui Tahapan Trans-
internalisasi Nilai. Di dalam tahapan trans-internalisasi nilai dilakukan guru kelas
5C melalui metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman serta dengan
menggunakan pendekatan emosional. Sikap siswa kelas 5C setelah adanya
pendidikan dan penanaman nilai keberanian yang dilakukan guru sudah
menunjukkan sikap seorang siswa yang berani. Kesimpulan dari penelitian ini
yaitu guru menginternalisasikan nilai keberanian melalui proses pembelajaran
untuk membentuk karakter siswa dengan tahapan trans-internalisasi nilai
menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, hukuman dan
pendekatan emosional. Sikap siswa kelas 5C setelah adanya pendidikan dan
penanaman nilai yang dilakukan oleh guru sudah menunjukkan sikap yang berani
dalam hal yang positif.
Kata kunci: Internalisasi Nilai Keberanian, Tahap Internalisasi Nilai, Sikap
Berani Siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:45
Last Modified: 01 Aug 2024 04:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200