Arsymulya, Laras and Herman, Lusa and Pebrian, Tarmizi (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI LARAS ARSYMULYA A1G018044 PGSD FKIP UNIB.pdf [thumbnail of SKRIPSI LARAS ARSYMULYA A1G018044 PGSD FKIP UNIB.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LARAS ARSYMULYA A1G018044 PGSD FKIP UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV B SD N 60 Kota Bengkulu pada pembelajaran tema 9
subtema 1 dengan menggunakan Strategi Synergetic Teaching. Penelitian ini
termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Hasil penelitian ini menunjukan Rata-rata dari penilaian observasi aktivitas
guru pada siklus 1 yaitu, 7.32 dengan ketegori Kurang (Rentang 6-9) sedangkan
hasil observasi guru siklus II yaitu, 16.63 dengan ketegori Baik (Rentang 13-18).
Kemudian pada hasil observasi siswa siklus I diperoleh rata-rata 7.24 dengan
ketegori Kurang (Rentang 6-9), dan pada observasi siswa siklus II diperoleh rata-
rata 16.57 dengan ketegori Baik (Rentang 13-18). Selanjutnya pada hasil belajar
siswa siklus I pada mata pelajaran PPKn, ditemukan siswa dengan rentang nilai
71-80 yaitu 4 siswa (19.04 %), dan tidak ada siswa yang mendapat nilai 81-100.
Pada mata pelajaran bahasa indonesia diperoleh tingkat ketuntasan sebesar
23.80% pada siklus I. Dari data tersebut diketahui bahwa tindakan pada siklus 1
belum memenuhi kriteria keberhasilan minimum yang ditentukan. Selanjutnya
pada siklus II mata pelajaran PPKn sudah memenuhi kriteria keberhasilan
minimum yang ditentukan, dibuktikan dengan 14 siswa mendapat rentang nilai
81-100 (66.66%). Sedangkan pada mata pelajaran bahasa indonesia siklus II,
menunjukkan 18 siswa yang tuntas dengan persentase 85.71%. Dengan demikian,
tindakan pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan minimum yang
ditentukan, dan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil
belajar tematik siswa menggunakan strategi Synergetic Teaching siswa kelas IV B
di SD Negeri 60 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Peningkatan Aktivitas, Hasil Belajar Tematik, Strategi
Synergetic Teaching.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:58 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19333 |